Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nol Persen Kayu, Rumah Murah Ini Ditawarkan Rp 86 Juta Per Unit

Kompas.com - 01/11/2016, 12:42 WIB
M Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara dilakukan pengembang untuk membangun rumah subsidi yang berbiaya murah. Salah satunya seperti yang dilakukan PT Conwood Indonesia saat meluncurkan produk rumah terbarunya "Rumah Conwood".

Presiden Direktur PT Conwood Indonesia, Derek Williamson, mengaku menggunakan konsep nol persen kayu untuk membangun rumah tersebut. Dia juga mengklaim pengerjaan rumah tersebut hanya dalam waktu tujuh hari dengan tujuh pekerja.

"Dan, seratus persen bebas asbes sehingga aman bagi kesehatan penghuninya," ujar Derek di Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Derek mengatakan, Rumah Conwood diluncurkan pada Kamis (27/10/2016) lalu untuk mendukung program Satu Juta yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Per Oktober 2016 lalu, tercatat capaian program itu sudah mencapai 40 persen.

Rizki Kresno, Commercial Director PT Conwood Indonesia, menambahkan, rumah tersebut ditawarkan untuk tipe 36 m2 (6m x 6m) dengan harga sekitar Rp 2,4 juta per meter persegi atau Rp 86 juta per unit. Rumah contohnya sudah dibuat di pabrik milik Conwood di kawasan Jababeka.

Dia menambahkan, konsep rumah itu masih bersifat massal dan belum bisa dilakukan dengan ritel atau dijual per unit. Pihaknya berencana akan menggandeng pengembang seperti Realestate Indonesia (REI), Apersi, dan asosiasi pengembang lainnya.

"Untuk tahun pertama kapasitas produksi kami 300 unit rumah per bulan, dan mulai dibidik  pengembang perumahan untuk rakyat dan pengusaha fasilitas perumahan perkebunan," ujar Rizki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com