Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Denpasar, Kota di Indonesia yang Berkarakter Khusus

Kompas.com - 31/10/2016, 12:48 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka memeringati Hari Kota Dunia yang jatuh pada 31 Oktober 2016, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghimbau semua pihak untuk bergotong royong membangun kota menjadi inklusif.

Hal itu sesuai dengan tema Hari Kota Dunia 2016 yang baru pertama kali diperingati pada tahun ini, yakni "Gotong Royong Membangun Semua."

"Saya harap momentum pertama kalinya ini bisa membuat semua pihak mulai dari akademisi, praktisi, organisasi non pemerintah, dan pemerintah bisa membangun dan mengembangkan kota yang inklusif," tutur Basuki saat membuka peringatan Hari Kota Dunia 2016 di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (31/10/2016).

Lebih lanjut lagi Basuki mengatakan agar semua pihak tersebut bisa membuat panduan terpadu untuk membangun kota yang selain inklusif juga memiliki karakteristik tersendiri.

Menurut Basuki saat ini hanya Denpasar di Bali yang merupakan kota dengan karakteristik khusus.

Karakter khusus itu terlihat dari pembangunan yang selaras dengan budaya lokal yang bersanding harmonis dengan gaya hidup modern.

Sementara kota-kota lain belum memilikinya dan justru pembangunannya semaunya sendiri.

"Walaupun ada desentralisasi dan otonomi, pembangunan kota jangan semaunya sendiri dan saya minta semuanya bisa bergotong royong membuat panduang untuk mengarahkan pembangunan kota yang lebih berkarakter," imbuh dia.

Pada akhirnya, sambung Basuki, kota bisa menjadi tempat yang ramah ditinggali oleh orang-orang dengan kemampuan terbatas dan terutama aman serta nyaman menjadi tempat bermain anak-anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com