Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Hijau Ini Bisa Meningkatkan Kualitas Lingkungan

Kompas.com - 25/10/2016, 20:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

GUIZHOU, KOMPAS.com - Setelah populer dan sukses dengan kreasi dua hutan vertikalnya, Stefano Boeri Architetti (SBA) mengungkapkan proyek barunya yang akan membawa rancangan hemat energi ke level berikutnya.

The Mountain Hotel dengan kapasitas 250 kamar akan menjadi proyek hijau terbaru SBA.

Proyek ini terinpspirasi oleh alam dan dibuat begitu hijau sehingga mampu meningkatkan kualitas udara di sekitarnya.

Hal itu terjadi lantaran seperti bangunan hemat energi SBA lainnya, The Mountain Hotel akan ditutupi tanaman hijau dari bawah hingga atas.

Firma arsitektur asal Milan ini sebelumnya telah menghentak dunia dengan Bosco Verticale, hutan vertikal pertama di dunia yang dibangun tepat di Ibu Kota Italia.

Beberapa tahun kemudian, desain SBA untuk pencakar langit hemat energi kedua memenangkan kompetisi gedung paling ramah lingkungan di Lausanne, Swiss yang akan dipancang tiang pertamanya pada 2017 mendatang.

Sementara itu The Mountain Hotel akan dibangun di Guizhou, China untuk jaringan hotel Hong Kong Cachet Hotel Group.

Desainnya sendiri mengikuti prinsip sama dengan proyek mereka sebelumnya dengan fokus pada arsitektur berkelanjutan dan sebuah fasad hijau yang bisa meningkatkan kualitas udara lingkungan sekitarnya.

SBA akan merancang bangunan ini sebagai hutan gunung vertikal di regional Wanfenglin yang juga dikenal sebagai Hutan 10 Ribu Puncak Gunung.

Seniman lokal Simon Ma akan merancang desain interior The Mountain Hotel termasuk dengan fasilitas lainnya seperti area gim, lounge, area VIP, bar, restoran, dan fasilitas pertemuan.

The New York Times menempatkan daerah Guizhon di dalam daftar "52 Tempat yang Harus Didatangi pada 2016" dengan dasar peningkatan lalu lintas wisatawan di sana.

Area hutan Guizhon pernah sama sekali tak bisa diakses pada 2014 lantaran pemerintah membangun kereta api cepat senilai 20 miliar dollar Amerika Serikat (AS) untuk menyingkat waktu perjalanan dari kota besar terdekat yang tadinya 20 jam menjadi hanya empat jam.

Aktivitas pariwisata dan hotel-hotel baru kemudian menjamur di wilayah terssebut, namun tidak ada yang bisa meningkatkan lingkungan lokal sebaik The Mountain Hotel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com