Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya di China, Gedung Konser Dirancang Transparan

Kompas.com - 20/10/2016, 07:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Satu lagi bangunan megah bakal ada di China dan kemungkinan besar menjadi salah satu terunik di dunia untuk jenisnya.

MAD Architects telah melansir rancangan China Phillharmonic Hall baru. China Phillarmonic Hall merupakan gedung konser dengan arsitektur berlekuk dan fasad transparan yang mampu bersinar seperti lentera kala malam hari.

Berkolaborasi dengan ahli akustik ternama Yasuhisa Toyota, gedung konser di Beijing ini akan menjadi rumah permanen baru bagi China Phillharmonic Orchestra.

Bangunan ini terinpirasi oleh filosofi ketimuran dan akan menjadi sebuah pertukaran budaya dan tempat baru di China untuk memainkan dan menikmati musik klasik.

Berlokasi di sisi selatan Workers Stadium East Gate di Kawasan Bisnis Terpadu Beijing, China Phillharmonic Hall memiliki luasan 11.600 meter persegi dari total lahan 26.578 meter persegi.

Gedung konser ini digambarkan sebagai "permata tersembunyi" Beijing dan sebuah tempat untuk mencari kedamaian di tengah kota.

"Kami ingin menciptakan oasis murni dan suci di tengah kota yang ramai dan begitu siapapun masuk ke dalam gedung maka mereka akan dibawa ke ruang dan waktu yang berbeda," kata pendiri MAD Architects Ma Yansong.

Gedung konser ini dikelilingi kolam teratai dan tanaman hijau subur. Fasad transparan gedung dibuat mirip dengan bahan yang disampirkan untuk menutupi bagian pintu masuk.

Cahaya alami akan mengisi bagian dalam gedung melalui dinding tirai tipis transparan sehingga membuat gedung tampak seolah bersinar di malam hari.

Interior bergelombang akan memberikan kapasitas 1.600 kursi di gedung utama, 400 kursi di aula latihan, studio rekaman profesional, perpustakaan, ruang koleksi galeri, kantor, dan ruang latihan.

China Philharmonic Hall akan mulai dibangun pada akhir tahun ini dengan target penyelesaian pada 2019 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com