Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INVESTASI

Investor Batam Mulai Lirik Properti Lokal

Kompas.com - 18/10/2016, 19:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan dua klaster terakhir Orchard Park besutan PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) mengalami pergeseran atau perbedaan profil pembeli di beberapa klaster sebelumnya.

Orchard Park merupakan proyek kawasan terpadu seluas 42 hektar itu terdiri dari 1.200 hunian tapak, sekitar 121 unit Orchard Walk atau ruko, pusat gaya hidup dan hiburan bernama Park Avenue, dan Orchard Club House.

1.200 unit hunian tersebut tersebar di enam klaster, meliputi Vitis, Carica, Citrus, Persea, Durio, dan satu klaster yang sedang dalam pembangunan.

Untuk tiga klaster pertama, APLN mengklaim telah menjual habis seluruh unitnya. Sedangkan untuk klaster Persea dan Durio saat ini sudah terserap sebanyak 70 persen.

Jika pada tiga klaster pertama unit-unit yang dibeli oleh 40 persen pembeli Jabodetabek, 40 persen pembeli Batam, dan 20 persen pengusaha-pengusaha seluruh Indonesia, untuk Klaster Persea dan Durio agak berbeda.

"Untuk dua klaster ini pembelinya 60 persen datang dari Batam, bukan Jakarta, yang pada awalnya cenderung skeptis tapi begitu melihat sudah terjual banyak akhirnya tertarik," ujar Assistant Vice President Strategic Marketing APLN Agung Wirajaya, di Jakarta, pekan lalu.

Klaster Persea merupakan hunian premium yang memiliki satu tipe unit Falco berukuran 10x20 meter persegi dengan spesifikasi dua lantai dan hanya disediakan sebanyak 100 unit.

Sedangkan Klaster Durio terdiri dari tiga tipe hunian yakni Carreta 85 meter persegu, Criton 119 meter persegi, dan Clarias seluas 144 meter persegi.

Adapun harga yang dibanderol APLN untuk kedua klaster tersebut adalah pada rentang Rp 1 miliar hingga Rp 3 miliar.

Agung menyatakan harga pasaran unit yang ditawarkan saat pertama kali telah mengalami kenaikan 15 persen.

Orchard Park tak hanya menawarkan unit hunian tetapi juga komersial. Saat ini masih ada sisa dua unit rumah toko (ruko) yang belum terjual.

“Kami memiliki konsep garden house yang tak dimiliki pengembang lain di sana. Sebab itulah yang menjadi salah satu keunggulan APLN, supaya setiap produk yang kami keluarkan tidak berkompetisi dengan produk lainnya,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com