Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Libur Panjang, Jasa Marga Siapkan Kantong-kantong Parkir

Kompas.com - 17/10/2016, 20:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyesuaian tarif Tol Jakarta-Cikampek mulai Sabtu (22/10/2016) dilakukan sejalan dengan perbaikan dan peningkatan kualitas ruas tol tersebut oleh PT Jasa Marga (persero) Tbk.

Jasa Marga selaku badan usaha jalan tol (BUJT) Jakarta-Cikampek mengklaim telah melakukan berbagai upaya peningkatan untuk pemenuhan standar pelayanan minimum (SPM) yang ditetapkan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Di antaranya dengan menambahkan lajur kantong antrean (storage) sepanjang 200 meter di Gerbang Tol (GT) Karawang Barat 1, penambahan lajur dan perbaikan rigid pavement di GT Bekasi Barat 2, serta perbaikan rigid pavement dan grouting di GT Cikampek, Kalihurip 1, SS Dawuan, SS Karawang Barat, GT Karawang Barat 1, GT Karawang Timur 1.

Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, selain upaya tersebut di atas juga dilakukan perbaikan dan peningkatan layanan transaksi, melalui penambahan dan pemasangan Gardu Tol Otomatis (GTO).

"Jadi, kini terdapat 72 GTO di Ruas Tol Jakarta-Cikampek," ujar Subakti, saat jumpa pers di jakarta, Senin (17/10/2016).

Jasa Marga juga mengklaim telah menyiapkan kantong-kantong parkir atau parking bay untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan ketika libur panjang Natal dan Tahun Baru 2017.

"Nanti akan kami operasikan parking bay untuk libur panjang yang berisikan toilet, musholla, dan tempat-tempat duduk. Sementara peritel makanan ada di tempat istirahat (TI) KM 18, KM 41, dan KM 59 arah Jalur Ambon (Jawa) dan sebaliknya di KM 33," tandasnya.

Parking bay ini, lanjut Subakti, bisa digunakan pengendara untuk beristirahat dan berhenti sejenak ketika lalu lintas padat sehingga diharapkan peristiwa yang terjadi di pintu keluar Tol Brebes Timur pada mudik Lebaran tahun ini tak terulang lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com