Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perobohan Gedung Panin Mundur Lebih dari Satu Jam

Kompas.com - 14/10/2016, 23:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Hingga pukul 23.27 WIB, perobohan Gedung Bank Panin di Bintaro, Tangerang Selatan masih belum dilaksanakan.

Proses perobohan ini terlambat satu jam dari jadwal yang ditentukan, yakni pukul 22.00 WIB.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lapangan, empat unit mobil pemadam kebakaran telah disiagakan guna membuat hujan buatan agar debu hasil perobohan gedung tidak menyebar ke mana-mana.

Sampai saat ini persiapan perobohan masih terus dilakukan dengan crane yang mulai mengangkat beberapa karung pasir ke bagian atas gedung.

Sebelumnya diberitakan bahwa sebanyak 100 karung pasir yang per karungnya memiliki bobot satu ton akan dibebankan pada gedung tersebut sebagai teknik untuk merobohkan.

KOMPAS.COM/ RIDWAN AJI PITOKO Situasi di sekitar Gedung Panin Bank di Bintaro Sektor 7, Tangerang Selatan, yang hendak dirobohkan pada Jumat (14/10/2016) malam.
Selain itu, bagian mahkota atau lantai tambahan paling tinggi akan dijatuhkan setelah dilemahkan sebelumnya untuk menambah beban bangunan di bawahnya.

Menurut pihak kontraktor, akan ada sekitar 50 ton karung berisi pasir dan air yang akan diangkut ke bagian paling atas gedung.

"Butuh waktu sekitar enam menit untuk menaikkan satu karung dengan berat sekitar satu setengah ton. Nanti pihak kontraktor akan melihat, jika gedung sudah mulai roboh, karung yang ditaruh berarti tidak perlu ditambah lagi," ungkap perwakilan Panin Bank, Zaim Susilo, kepada Kompas.com di lokasi pada Jumat (14/10/2016) malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com