Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah-rumah Unik yang "Tertanam" di Bawah Tanah

Kompas.com - 14/10/2016, 22:17 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber Houzz.com

KOMPAS.com - Menambah ruang di tanah terbatas bisa dilakukan dengan cara meninggikan fisik bangunan. Namun, sebenarnya ada cara lain, yaitu membuat lantai bawah tanah atau basement.

Sama seperti lantai kedua atau ketiga, lantai bawah tanah bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Penambahan ruang bawah tanah juga membuat bangunan atau hunian tidak tampak mencolok.

Hanya, ruang bawah tanah tidak mudah dibuat dan sangat bergantung pada kondisi tanah setempat. Wajar bila di Indonesia, khususnya di Jakarta, sangat jarang pemilik rumah sederhana menambahkan fitur ini.

Bila memerlukan ruang tambahan, kecenderungan termudah adalah menambah ketinggian.

Meski demikian, tidak ada salahnya mengenal bentuk-bentuk unik rumah dengan lantai bawah tanah. Berikut ini beberapa contoh rumah-rumah unik dari Houzz.

1. Malator

Malator, rumah karya Future Systems ini berada di sebuah bukit di Wales yang dibuat pada 1998. Rumah ini terbilang sederhana karena hanya terdiri dari satu ruang.

Tentu saja rumah ini tidak seperti rumah kebanyakan karena keseluruhan ruangnya berada di bawah tanah.

Selain itu juga tidak memiliki ruang-ruang "umum" yang lazim ada di rumah, seperti taman dan jalur masuk mobil. Rumah ini seolah "mengintip" tepat pada perubahan ketinggian tanah.

2. Rumah Hobbit

Rumah Hobbit atau Hobbit House tentu saja terinspirasi dari film dan novel "Lords of the Rings".

Rumah karya Simon dan Jasmine Dale yang juga berada di Wales ini memiliki sedikit pengaruh pada lingkungan, hemat energi dan biaya, serta menggunakan berbagai material alami.

Pengguna rumah ini didorong untuk hanya menggunakan peralatan sederhana. Interiornya pun terasa sangat alami.

Sama seperti Rumah Malator, pembuatannya perlu mengeruk bukit untuk meminimalisasi pengaruh visual. Seolah-olah, rumah ini menjadi bagian dari bukit.

Setidaknya 30 potong kayu menjadi atap, sementara bebatuan dan jerami menjadi dinding rumah. Jerami juga menjadi insulator di atapnya.

droold.com Rumah Hobbit atau Hobbit House tentu saja terinspirasi dari film dan novel "Lords of the Ring". Rumah karya Simon dan Jasmine Dale yang juga berada di Wales ini memiliki sedikit pengaruh pada lingkungan, hemat energi dan biaya, serta menggunakan berbagai material alami.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Houzz.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com