Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2016, 23:32 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KUNINGAN, KOMPAS.com - Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau lebih dikenal dengan program bedah rumah milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadi salah satu cara penyediaan hunian layak bagi masyarakat kurang mampu.

Setelah menghabiskan Rp 1,1 triliun untuk membedah atau meningkatkan kualitas rumah sebanyak 82.245 unit pada 2015 silam, Direktorat Rumah Swadaya Kementerian PUPR kembali melanjutkan program BSPS pada tahun ini dan menaikkan jumlah anggarannya.

"Pada 2016 ini target kami 94.210 unit dengan rincian 93.210 unit peningkatan kualitas rumah tak layak huni dan seribu untuk pembangunan rumah baru," kata Direktur Rumah Swadaya Kementerian PUPR Jhony Fajar Sufyan Subrata, di Kuningan Jawa Barat, Jumat (7/10/2016).

Untuk itu, Jhony mengakui telah menyiapkan alokasi anggaran senilai Rp 1,53 triliun agar bisa merealisasikan target tersebut.

Rinciannya, Rp 1,5 triliun untuk peningkatan kualitas rumah tak layak huni dan sisanya Rp 3 miliar untuk pembangunan rumah baru.

Hingga saat ini, target tersebut sudah hampir tercapai lantaran respon masyarakat terhadap program BSPS ini sangat baik.

Hal itu terlihat dari pertambahan usulan peningkatan kualitas rumah tak layak huni.

"Tanggapan masyarakat membuat efisiensi dari segi biaya bantuan yang maksimal Rp 15 juta bisa jadi Rp 10 juta sehingga terus ada pertambahan usulan dari daerah," imbuh dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com