Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalimantan Sambut Kedatangan Jembatan Baru

Kompas.com - 06/10/2016, 19:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Pulau Kalimantan kembali akan mendapatkan tambahan jembatan baru setelah Jembatan Basirih di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) siap diselesaikan pembangunannya.

Sebelumnya, Jembatan Kapuas Tayan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada awal 2016 ini.

Baca: Nikmati Keindahan Jembatan Kapuas Tayan

"Sampai saat ini, progres pembangunan Jembatan Basirih telah mencapai 45 persen dan ditargetkan selesai pembangunannya pada Desember 2016," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (6/10/2016).

Pembangunan jembatan ini dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama dikerjakan oleh PT Sumbersari Ciptamarga pada periode 2013-2015 dengan nilai akhir kontrak mencapai Rp 106,97 miliar.

Sedangkan tahap kedua akan dikerjakan oleh PT Trigaya Ciptamarga pada periode 2016 dengan nilai kontrak Rp 25,74 miliar.

Adapun tujuan dibangunnya Jembatan Basirih adalah sebagai penghubung jalan baru yang menjadi akses keluar dan masuk pelabuhan serta menjadi akses lalu lintas di Ruas Pelabuhan Trisakti-Liang Anggang.

"Dengan adanya Jembatan Basirih baru diharapkan arus lalu lintas keluar masuk Pelabuhan Trisakti dan menuju daerah lainnya di kawasan Kalsel menjadi lancar dan mengatasi masalah kemacetan," pungkas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com