Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jikka", Rumah Bagi Para Pensiunan

Kompas.com - 06/10/2016, 11:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Di antara pohon-pohon di Shizuoka, Jepang, terdapatlah Jikka, sebuah pondok menyerupai tenda yang dirancang oleh arsitek berbasis do Toyko, Issei Suma.

Jikka adalah sebuah pondokan bagi para pensiunan dan dirancang untuk menciptakan lingkungan yang tenang dan berada di antara pohon-pohon dan pegunungan.

Dibuat khusus untuk dua wanita saat mereka mendekati usia pensiun, Jikka tidak hanya menjadi tempat tinggal, tetapi juga dilengkapi fasilitas yang menyiapkan dan mendistribusikan makanan kepada penduduk lanjut usia di daerah itu.

Kolam renang spiral di dalam Jikka, rumah pensiunan wanita di Jepang.

Jikka meniru desain teepee atau desain rumah tenda di lanskap pegunungan dan sekitarnya yang menawarkan kenyamanan modern.

Hal tersebut menjadi sempurna bagi mereka yang telah menghabiskan hidup untuk bekerja dan mencari relaksasi setelah tidak lagi bekerja.

Jikka awalnya dibuat untuk dua wanita siap pensiun usia 60-an tahun dengan seorang pekerja sosial dan seorang lainnya adalah juru masak.

Dibangun dari beton dan kayu, situs dengan luas 100 meter persegi ini dilengkapi dengan dapur, ruang makan, bersama kamar tidur, ruang tamu, dan kamar mandi.

Bahkan ada kolam renang spiral yang dapat diakses dengan kursi roda bagi penghuni yang ingin bersantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com