Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cikarang, Tempat Berkumpul Orang-orang Jepang

Kompas.com - 03/10/2016, 13:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com - Cikarang yang menjadi bagian dari Eastern Corridor atau Koridor Timur telah dihuni banyak ekspatriat asing terutama orang Jepang.

Sebanyak 2.000 ekspatriat Jepang tinggal di Lippo Cikarang dengan perkiraan sebanyak 1.500 perusahaan Jepang yang dibuka di kawasan tersebut dan area industri lain di sekitarnya.

Tak heran jika perusahaan asal Jepang yakni Sanko Soflan Holdings melalui anak usahanya PT Sanko Soflan Indonesia berinvestasi di Lippo Cikarang.

Salah satu bentuk investasinya adalah dengan membangun apartemen servis di atas lahan 6.000 meter persegi bernama Palm Springs.

Baca: Kucurkan Rp 169,5 Miliar, Perusahaan Jepang Resmikan Apartemen Servis di Cikarang

Selain itu, perusahaan Jepang yang bergerak di sektor pembangunan nursing homes atau rumah khusus orang tua tersebut telah membeli satu menara apartemen di salah satu pengembangan kawasan milik PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) yakni Orange County.

"Sebanyak 559 unit di Burbank Suites dibeli Sanko Soflan dengan harga kalau nggak salah Rp 500 miliar pada Juli 2015 lalu," kata Chief Marketing Officer LPCK Stanley Ang, di Cikarang, Jumat (30/9/2016).

Burbank Suites sendiri, lanjut Stanley, merupakan menara kelima dari 12 menara yang direncanakan bakal dibangun di Orange County.

Sebelum Burbank Suites, keempat menara di Orange County yakni Pine, Westwood, Passadena, dan Glendale telah terjual habis dan memiliki profil pembeli asing dan lokal.

"Lima menara sudah sold out kalau Burbank Suites 100 persen Jepang dan 4 menara lainnya 85 persen dibeli orang Indonesia dan 15 persennya asing," imbuh Stanley.

Saat ini, LPCK baru saja meluncurkan tower keenam Orange County yang bernama Newport. Meski baru diluncurkan, menara ini telah mendapat banyak penawaran, salah satunya dari Sanko Soflan Holdings.

"Kami juga ingin sharing bahwa kami memiliki rencana untuk membeli setengah menara dari Newport Park Orange County dan sedang mempersiapkan untuk pembicaraan lebih lanjut dengan Lippo Cikarang," pungkas Chairman Sanko Soflan Holdings Seiichi Takahashi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com