Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Bakal Punya Perkampungan Khusus Penderita Alzheimer

Kompas.com - 23/09/2016, 18:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah desa atau perkampungan khusus untuk para pasien penyakit alzheimer dan dementia segera dibuat di Prancis.

Pembangunan perkampungan ini tak terlepas dari penelitian teranyar yang menunjukkan bahwa kualitas dan atmosfer bangunan atau kondisi lingkungan perumahan bisa memperlambat penyakit alzheimer dan dementia serta memberikan kesehatan yang lebih baik.

Desain perkampungan atau desa ini diciptakan oleh NORD Architects dengan konsep membuat tempat di mana pasien atau penderita alzheimer dan dementia bisa menemukan kedamaian dan kenyamanan.

Proyek ini baru saja memenangkan kompetisi internasional untuk gedung atau rumah baru bagi penderita kedua penyakit yang menyerang fungsi memori otak tersebut.

Berlokasi di pusat kota Dax, Prancis, perkampungan ini memberikan pendekatan baru dalam hal penciptaan fasilitas kesehatan dengan mengajak arsitek yang telah berpengalaman merancang infrastruktur kesehatan.

Bangunan-bangunan di perkampungan ini bakal dirancang untuk menghormati kebutuhan personal dan privasi pasien sehingga memberikan atmoster seperti di rumah yang terbukti bisa membantu pasien alzheimer dan dementia.

Sebagai tambahan terhadap potensi terapisnya, pengembangan proyek ini akan menggunakan penanganan dan pembiayaan medis yang lebih rendah.

Untuk semakin menambah kualitas keintiman dan atmosfer selayaknya di rumah, proyek ini memfasilitasi semua hal yang dibutuhkan pasien dengan kerabatnya seperti toko lokal, tempat pangkas rambut, restoran, dan pusat budaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com