Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bangun 8 Bendungan Baru, Cipanas yang Terbesar (II)

Kompas.com - 18/09/2016, 08:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini, pemerintah memulai pembangunan 8 bendungan. Dari ke-8 daerah yang ditetapkan, bendungan paling besar dibangun di Cipanas, Jawa Barat dengan besaran volume 190 juta meter kubik.

Ada pun di Sulawesi Tenggara, Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur juga akan dibangun pemerintah tahun ini.

Dengan volume 25,57 juta meter kubik, bendungan ini bermanfaat untuk mengairi sawah seluas 7.424 hektar dan menyediakan air baku 0,08 meter kubik per detik.

Manfaat lainnya, Bendungan Ladongi mampu menyediakan listrik sebesar 1,15 megawatt dan mereduksi banjir 142 meter kubik per detik.

Masih di bagian timur Indonesia, pemerintah juga akan membangun Bendungan Napunggete di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jumlah volume bendungan ini adalah sebesar 7,63 juta meter kubik dengan manfaat irigasi 700 hektar sawah.

Bendungan ini juga bermanfaat menyediakan air baku sebesar 0,2 meter kubik per detik dan listrik 0,71 megawatt.

Kembali ke Jawa Barat, pemerintah merencanakan untuk membangun Bendungan Ciawi dan Sukamahi yang sama-sama terletak di Kabupaten Bogor.

Dua bendungan ini berjenis dry dam atau bendungan kering yang baru pertama kali dibangun di Indonesia. Tujuannya, untuk mereduksi banjir Jakarta.

Di Ciawi, volume bendungannya adalah sebesar 6,45 juta meter kubik dengan manfaat reduksi banir sebesar 160 meter kubik per detik.

Sedangkan di Sukamahi, volume bendungannya tercatat 1,68 juta meter kubik dengan manfaat reduksi banjir 29 meter kubik per detik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com