Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemenang Tender Sudah Diteken, Bendungan Ladongi Siap Dibangun

Kompas.com - 14/09/2016, 19:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu bendungan yang masuk rencana pembangunan tahun ini, Bendungan Ladongi telah mendapat pemenang tender dan berhak untuk melakukan konstruksi.

Demikian disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui di Gedung SMESCO Jakarta, Rabu (14/9/2016).

"Untuk bendungan ada update, Bendungan Ladongi baru saya tandatangani penetapan pemenangnya kemarin. Tetapi saya lupa siapa pemenangnya, pokoknya ini sudah ada pemenangnya dan siap dikerjakan," ungkapnya.

Bendungan Ladongi di Sulawesi Tenggara merupakan satu dari delapan bendungan yang rencananya bakal dibangun tahun ini.

Selain Ladongi, ketujuh bendungan lainnya adalah Bendungan Rukoh (Aceh), Bendungan Sukoharjo (Lampung), Bendungan Kuwil Kawangkoan (Sulawesi Utara), Bendungan Ciawi (Jawa Barat), Bendungan Sukamahi (Jawa Barat), Bendungan Leuwikeris (Jawa Barat), dan Bendungan Cipanas (Jawa Barat).

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, Bendungan Ladongi berlokasi di Kolaka Timur dan menelan anggaran hingga Rp 850 miliar.

Adapun bendungan dengan kapasitas 25,57 juta meter kubik ini memiliki manfaat sebagai sumber air untuk irigasi sawah seluas 7.424 hektar dan air baku sebesar 0,08 meter kubik per detik.

Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk menghasilkan tenaga listrik berdaya 1,15 megawatt serta mengurangi potensi banjir hingga 142 meter kubik per detik. Rencananya, Bendungan Ladongi akan selesai dibangun pada 2019 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com