Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lippo Diminta Serius Bangun Moda Transportasi Massal

Kompas.com - 13/09/2016, 21:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Upaya PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) membangun moda transportasi sebagai akses dari dan ke Koridor Timur Jakarta diapresiasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI).

"Sebenarnya ini menarik karena selama ini jarang swasta mau investasi dan proyek angkutan umum ini kan di tangan pemerintah dan sekarang swasta mau investasi untuk itu jadi ini sangat baik," kata Ketua MTI Danang Parikesit kepada Kompas.com, Selasa (13/9/2016).

Terkait hal tersebut, LPCK disebut-sebut akan membangun fasilitas konektivitas Automated People Mover (APM) yang juga berfungsi sebagai penghubung tujuh kawasan industri di Koridor Timur Jakarta termasuk Orange County dan Lippo Cikarang.

Kendati demikian, Danang menghimbau pada LPCK agar serius menggarap inisiatif ini dan tidak hanya terbatas pada feasibility study (FS) atau studi kelayakan yang baru dilakukan saat ini.

"Karena ini masih tahap awal maka masih ada FS yang harus disusun dan ke depannya jangan hanya FS saja tapi juga realisasi investasi dan konstruksinya," imbuhnya.

Dalam perencanaannya, moda transportasi ini akan terbagi dalam dua jalur, yakni North-South Line sebagai tahap pertama dari Stasiun Kereta Api Cikarang melewati Jababeka menuju Orange County-Lippo Cikarang-EJIP.

Sedangkan pada tahap berikutnya yang merupakan West-East Line akan membentang dari kawasan industri Bekasi hingga ke Karawang.

Pertemuan keduanya pun rencananya akan berada di Orange County Lippo Cikarang.

"Ke depannya, APM ini juga direncanakan bakal terhubung dengan jalur LRT Cawang-Bekasi Timur yang menuju dan dari Koridor Timut Jakarta agar dapat ditempuh dengan mudah," pungkas Chief Marketing Officer PT Lippo Cikarang Tbk Stanley Ang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com