Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moda Transportasi Massal Kembangan Lippo Ditargetkan Kelar 2020

Kompas.com - 13/09/2016, 17:55 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) berencana membuat moda transportasi masa depan guna memudahkan konektivitas Jakarta dengan Koridor Timur Jakarta.

Seperti diketahui bahwa Koridor Timur Jakarta yang meliputi Bekasi, Karawang, Purwakarta, hingga Subang telah muncul sebagai wilayah pertumbuhan bisnis baru di Indonesia.

LPCK selaku pengembang nasional memiliki proyek bernama Orang County di Cikarang, Bekasi.

Moda transportasi masa depan yang akan dibuat oleh LPCK ini juga akan memudahkan akses Orange County dengan tujuh kawasan industri di sekitarnya.

"Untuk itu, kami akan berorientasi pada transit oriented development (TOD) sehingga nanti akan ada transportasi umum yang berbasis rel, bukan jalan lagi," kata Chief Marketing Officer LPCK Stanley Ang, di Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Oleh karena itu, moda transportasi yang dikembangkan LPCK nantinya berupa transportasi massal seperti kereta api.

Selain menghubungkan dengan tujuh kawasan industri, moda transportasi masa depan yang disebut sebagai Automated People Mover (APM) ini juga akan dihubungkan dengan Jakarta sebagai pusat pemerintahan.

Dalam perencanaanya, moda transportasi ini akan terbagi dalam dua jalur, yakni North-South Line sebagai tahap pertama dari Stasiun Kereta Api Cikarang melewati Jababeka menuju Orang County-Lippo Cikarang-EJIP.

Sedangkan pada tahap berikutnya yang merupakan West-East Line akan membentang dari kawasan industri Bekasi hingga ke Karawang.

"Ke depannya, APM ini juga direncanakan bakal terhubung dengan jalur LRT Cawang-Bekasi Timur yang menuju dan dari Koridor Timut Jakarta agar dapat ditempuh dengan mudah," imbuh Stanley.

Hingga saat ini, rencana pembuatan APM masih dalam tahap studi kelayakan antara LPCK dengan Japan Transportation Planning Association (JPTA) selaku mitra dari LPCK.

"Sekarang ini masih feasible study (FS) tetapi kami ingin secepatnya ini selesai dan targetnya 2020 karena kan MRT dan LRT sudah selesai dibangun pada saat itu sehingga APM kami juga mesti siap pada 2020," tandas Stanley.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com