Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Pengembang Bangun Apartemen Khusus Wanita

Kompas.com - 09/09/2016, 09:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah populasi wanita yang cukup banyak di Depok membuat pengembang PT Graha Loka Pangestu membangun apartemen khusus wanita bernama Female Apartment Adhigrya Pangestu.

Penyempitan pasar ini diakui Direktur Proyek Female Apartment Adhigrya Pangestu I Wayan Ekadiana bukannya tanpa pertimbangan yang jelas, namun dengan pemikiran berdasarkan realitas di lapangan.

"Jadi ketika ide ini tercetus kami lempar ke dua konsultan untuk visibilitas pasarnya dan keduanya mendukung. Data spesifik yang kami ambil secara statistik ada korelasi popoulasi di Depok itu 50 persen-nya wanita," jelasnya, di Depok, Kamis (8/9/2016).

Selain itu, apartemen yang 80 persennya ditujukan pada investor ini juga memiliki pangsa pasar cukup besar, terutama dari kalangan mahasiswi.

Mahasiswi dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Pancasila, dan Universitas Gunadarma diakui Wayan menjadi pasar cukup besar bagi Female Apartment Adhigrya Pangestu.

"Rata-rata tiap tahunnya ada 20.000 mahasiswa-mahasiswi baru dan dengan asumsi 50 persen dari mereka adalah mahasiswi maka ada captive market 10.000 orang. Ini lebih dari cukup untuk apartemen kami yang totalnya 551 unit," tambahnya.

Selain populasi wanita, pembangunan Female Apartment Adhigrya Pangestu dilatarbelakangi tingkat kriminalitas tinggi di Depok dan menyebabkan wanita kerap menjadi korbannya.

"Oleh sebab itu, ada kebutuhan psikologis bagi orangtuanya untuk mencarikan putrinya tempat tinggal yang aman dan kami melihat ini sebagai kesempatan," imbuh Wayan.

Adapun tipe unit yang dijual di Female Apartment-Adhigrya Pangestu ini merupakan tipe studio dengan luasan bervariasi mulai dari 25 meter persegi, 28 meter persegi, 30 meter persegi, 33 meter persegi, dan 39 meter persegi.

Harga per unit dibanderol dengan harga mulai dari Rp 500 juta dengan potensi sewa mencapai Rp 3 juta hingga Rp 4,5 juta per bulannya.

"Sampai saat ini sudah terjual 40 persen dengan komposisi 50 persen investor dan 50 persen end user," kata Direktur Komersial Female Apartment-Adhigrya Pangestu Muhamad Gafani.

Apartemen dengan nilai proyek Rp 209 miliar ini akan dibangun oleh kontraktor utama PT Adhicon Perkasa dan diproyeksikan selesai pada 2018 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com