Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Targetkan 497.800 Rumah Terbangun Tahun 2017

Kompas.com - 07/09/2016, 09:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menggunakan anggaran 2017 untuk tiga program prioritas nasional.

Ketiganya adalah ketahanan air/pangan, konektivitas, dan perumahan permukiman. Adapun anggaran yang diterima Kementerian PUPR pada 2017, sebanyak Rp 105,6 triliun.

Pada program perumahan dan permukiman, Menteri PUPR Basuki menyatakan akan membangun 497.800 unit rumah.

Sebanyak 11.400 unit di antaranya merupakan rumah susun (rusun) untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Selain rusun, dalam rangka menurunkan backlog perumahan, juga akan didirikan 109.500 unit rumah swadaya dan 375.000 unit rumah umum (rumah tapak dan rusunami) melalui KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

"Kita juga akan membangun 1.900 unit rumah khusus dalam rangka penanganan paska bencana/konflik, maritim, daerah tertinggal dan perbatasan negara," ujar Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (6/9/2016).

Selain membangun perumahan dan rusun, Basuki juga menetapkan pengembangan kawasan permukiman sebagai program prioritas di tahun 2017.

Di antaranya adalah penataan bangunan kawasan strategis di kawasan destinasi wisata seperti di Danau Toba, Mandalika, dan Borobudur, serta kawasan Masjid Raya Padang, Monumen Kapsul Waktu Merauke, Menara Salib Wamena dan Sail Sabang.

Terakhir, Basuki menyatakan pada 2017 masih akan melaksanakan tugas khusus untuk melakukan pembangunan Prasarana dan Sarana Gelora Bung Karno (GBK) dan Palembang untuk mendukung Asian Games XVIII.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com