Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Tol Trans Sumatera hingga Trans Papua Dikebut Pengerjaannya Tahun Depan

Kompas.com - 06/09/2016, 23:59 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menggunakan anggaran 2017 untuk tiga program prioritas nasional.

Ketiganya adalah ketahanan air/pangan, konektivitas, dan perumahan permukiman. Adapun anggaran yang diterima Kementerian PUPR pada 2017 adalah sebanyak Rp 105,6 triliun.

Untuk program konektivitas, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan bakal melanjutkan pembangunan beberapa ruas jalan sesuai dengan komitmen.

Di antaranya pembangunan Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, Jalan Trans Papua yang saat ini tinggal 176,1 kilometer dan kemudian pembangunan jalan di perbatasan Kalimantan, Nusa Tenggara Timur.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (6/9/2016), pembangunan jalan perbatasan, juga akan menjadi program prioritas dalam hal konektivitas.

Selain jalan, Kementerian PUPR juga akan membangun jembatan sepanjang 7.898 meter pada 2017 nanti, termasuk bentang panjang Jembatan Teluk Kendari, Jembatan Holtekamp, dan Jembatan Pulau Balang.

"Untuk pembangunan jalan tol tahun 2017 sepanjang 23 kilometer. Di antaranya Tol Medan–Kualanamu, Tol Akses Tanjung Priok, Tol Cisumdawu, Tol Solo–Kertosono, Tol Balikpapan–Samarinda, dan Tol Manado-Bitung," ujar Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com