Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembilan Bendungan Bakal Dibangun Tahun 2017

Kompas.com - 06/09/2016, 23:22 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menggunakan anggaran 2017 untuk tiga program prioritas nasional.

Ketiganya adalah ketahanan air/pangan, konektivitas, dan perumahan permukiman. Adapun anggaran yang diterima Kementerian PUPR pada 2017 adalah sebanyak Rp 105,6 triliun.

Untuk ketahanan air/pangan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bakal membangun sembilan bendungan dari target 49 bendungan hingga 2019 nanti.

"Program prioritas 2017 antara lain pembangunan sembilan bendungan baru yang pada 2014 sampai 2019 telah dilaksanakan pembangunan 30 bendungan," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (6/9/2016).

Pada 2017, lanjut Basuki, akan dimulai pembangunan waduk di Rukoh (Aceh), Lausimeme (Sumatera Utara), Komering II (Sumatera Selatan), Bener (Jawa Tengah), Sidan (Bali), Temef (NTT), Way Apu (Maluku), dan Baliem (Papua).

Selain membangun waduk baru, Kementerian PUPR juga akan melakukan pembangunan jaringan irigasi seluas 84.000 hektar, rehabilitasi jaringan irigasi seluas 323.000 hektar, dan pembangunan 105 embung.

Pembangunan juga akan meliputi sarana dan prasarana pengendali banjir sepanjang 154 kilometer dan pembangunan atau peningkatan sarana dan prasarana pengelolaan air baku.

Selain itu, dilakukan peningkatan sarana dan prasarana pengamanan pantai sepanjang 21 kilometer termasuk untuk penanganan rob Semarang dan Pekalongan yang mengganggu jalur mudik Lebaran 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com