Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Bangun Pencakar Langit Bertenaga Surya Pertama

Kompas.com - 06/09/2016, 17:16 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Rencana untuk pencakar langit bertenaga surya pertama di Australia baru-baru ini diluncurkan. Menara apartemen setinggi 60 lantai di Melbourne ini dirancang oleh Peddle Thorp Architects.

Pencakar langit ini akan menampilkan fasad kaca berlapis ganda yang dibungkus lebih dari panel surya seluas 32.000 kaki persegi (3.000 meter persegi), dengan tambahan 3.200 kaki persegi (300 meter persegi) di atap.

"Tujuannya adalah untuk memiliki bangunan sistem pembangkit listrik mengandalkan matahari yang lengkap," kata Peter Brook, direktur desain di Peddle Thorp, dalam sebuah pernyataan.

Mungkin ini agak ambisius, tambah dia, tetapi tujuannya adalah untuk mendapatkan semaksimal mungkin yang bisa dilakukan.

Seperti yang dilaporkan Sydney Morning Herald, bangunan tinggi dengan bentuk melengkung akan memungkinkan panel berteknologi tinggi untuk mengambil keuntungan penuh dari sinar matahari, mulai dari terbit sampai terbenam.

Dijuluki Sol Invictus Tower, menara ini juga mencakup turbin angin di atap, pencahayaan LED rendah energi, dan sistem baterai penyimpanan.

Dengan semua energi yang berkumpul, diharapkan dapat memberikan lebih dari 50 persen dari beban listrik dasar bangunan.

Pencakar langit tersebut menjadi refleksi kemajuan praktek arsitektur yang semakin populer untuk mengintegrasikan fungsi dan tenaga surya ke dalam desain dari bangunan itu sendiri.

Perusahaan seperti SolarCity berbasis California yang mengaburkan antara bahan bangunan dan sumber energi, juga turut memungkinkan bangunan masa depan untuk lebih berkelanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com