Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Aset Rp 285,5 Triliun, Emaar Pengembang Nomor Satu Arab

Kompas.com - 06/09/2016, 11:16 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Gulf News

KOMPAS.com - Pengembang Uni Emirat Arab (UEA) yakni Emaar, Damac dan Aldar dinilai sebagai pengembang papan atas dunia dalam daftar yang dikeluarkan oleh Forbes.

"Dengan gejolak yang ada di GCC (Dewan Kerjasama Teluk), pasar properti UEA masih kuat dan telah terbukti adaptif untuk berubah," kata Khuloud Al Omian, Pemimpin Redaksi Forbes Timur Tengah.

Emaar menempati peringkat wahid dengan basis aset terbesar senilai 21,7 miliar dollar AS (Rp 285,5 triliun), serta pendapatan tertinggi 3,7 miliar dollar (Rp 48,68 triliun).

Emaar bersama Damac Properties meraup keuntungan pendapatan sejumlah 1,2 miliar dollar AS (Rp 15,78 triliun).

Sementara Jabal Omar Development Co berada di peringkat atas untuk nilai pasar tertinggi yakni 14,1 miliar dollar (Rp 185,5 triliun).

Di antara perusahaan swasta, Qatari Diar dan Dubai Properties, Nakheel dan Arenco Real Estate memimpin ranking tersebut.

Ini adalah pertama kalinya Forbes membuat peringkat "Top 100 perusahaan properti Arab terbesar di dunia", terlepas dari konsultan dan pemimpin bisnis yang terkait dengan industri.

"Pasar properti di wilayah tersebut mengalami transformasi. Pasar sekarang menyaksikan pergeseran dari pembeli mewah high-end  ke segmen kelas menengah," kata Al Omian.

Metode ranking

Perusahaan properti papan atas ditentukan dengan menggunakan informasi dari laporan tahunan masing-masing perusahaan dan situs pasar saham.

Penentuan posisi menggunakan metrik dari nilai pasar, aktiva, keuntungan dan pendapatan dan berdasarkan pada informasi dari kuesioner yang diberikan kepada mereka pengembang.

Selain itu juga mengambil informasi dari situs-situs mereka dan laporan penelitian yang disediakan oleh konsultan properti.

Di antara lima konsultan internasional yang terlibat adalah JLL, CBRE, Cluttons, Knight Frank dan Chestertons.

10 Pengembang UEA:

1. Emaar Properties
2. Damac Properti
3. Aldar Properti
4. Barwa
5. Ezdan Holding
6. Jabal Omar Development Co
7. Unity Development Company
8. Talaat Moustafa Group Holding
9. Dar Alarkan Real Estate Development Company
10. Douja Promotion Addoha Grup

5 Pengembang Swasta Terbesar

1. Qatari Diar
2. Property Dubai
3. Wasl Properties
4. Nakheel
5. Arenco Real Estate

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gulf News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com