Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Babel Usulkan KEK Baru di Bangka Seluas 2.500 Hektar

Kompas.com - 02/09/2016, 11:57 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

BELITUNG, KOMPAS.com - Provinsi Bangka Belitung (Babel) sudah memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kelayang yang resmi dicanangkan pemerintah pusat di Pulau Belitung.

Selain Kelayang, Pemprov Babel juga mengusulkan KEK baru di Pulau Bangka yang dianggap sangat potensial.

"Untuk Bangka, cepat sekali kerjanya ada 1.500 hektar di Bangka. Totalnya 2.500 hektar," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, di Kantor Bupati Belitung, Belitung, Jumat (2/9/2016).

Dari 3 daerah yang diusulkan, selain Bangka, adalah Bangka Barat dan Bangka Selatan. Bangka dinilai lebih potensial karena memenuhi 3 unsur kriteria yakni atraksi, area, dan aksesibilitas. 

Dari sisi aksesibilitas, khususnya, KEK yang diusulkan haruslah dapat dijangkau selama maksimal 2 jam dari bandara atau pelabuhan internasional. 

Di Bangka, KEK Tuing bisa diakses tidak sampai 2 jam dari Bandara Dipati Amir, tepatnya satu jam lebih 20 menit.

Sementara lokasi usulan KEK di Bangka Barat aksesnya bisa lebih dari 2 jam dari bandara. Rata-rata, pengunjung mengakses lokasi tersebut menggunakan bis.

Dari jumlah kunjungan wisatawan, pengunjung domestik pada 2015 mencapai 71.000 orang. Sementara wisatawan mancanegara tercatat 396 orang.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata KA Tajuddin, jumlah pengunjung mancanegara ini bisa ditingkatkan jika Dipati Amir ditingkatkan statusnya menjadi bandara internasional.

"Daerah ini merupakan destinasi wisata umumnya berupa pantai-pantai. Usulan lokasi ada 2 Pantai Tuing dan Pantai Jelitik," kata Tajuddin.

Adapun di Bangka Barat, KEK yang diusulkan memiliki luas 706 hektar. Lokasi yang berpotensi menjadi obyek wisata antara lain kawasan Pantai Batu Rakit dan Pantai Asmara.

Untuk akses, Bangka Barat dekat dengan Sumatera Selatan dan menggunakan jalur laut yang masih lancar.

Saat ini, wisatawan belum banyak yang memanfaatkan akses melalui Pelabuhan Bangka Barat tersebut. 

Sementara di Bangka Selatan, potensi KEK dinilai dari akses yang dekat dengan Belitung. luas lahan yang disiapkan untuk KEK di Bangka Selatan adalah 500 hektar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com