Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Kucuran Rp 9 Triliun, Ini Target Ditjen Penyediaan Perumahan

Kompas.com - 31/08/2016, 22:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal menerima anggaran sebesar Rp 9 triliun pada 2017 mendatang.

Anggaran itu nantinya akan digunakan untuk pelaksanaan berbagai program perumahan seperti rumah susun (rusun), rumah khusus (rusus), rumah swadaya, bantuan pembangunan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) rumah bersubsidi serta belanja pegawai.

Dari anggaran ini, sebesar 95,26 persen atau Rp 8,5 triliun akan dialokasikan untuk pembangunan fisik.

"Sisanya 4,74 persen atau sebesar Rp 426,7 miliar untuk non-fisik," kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin seperti dikutip Kompas.com dari situs resmi Kementerian PUPR, Rabu (31/8/2016).

Untuk anggaran fisik, lanjut Syarif, akan digunakan membangun 12.699 unit rusun, 4.815 unit rusus, bantuan rumah swadaya 117.500 unit, dan PSU untuk 21.750 rumah bersubsidi pemerintah.

Sedangkan untuk anggaran non-fisiknya akan digunakan untuk belanja pegawai, pembinaan, pengawasan, dan belanja barang.

“Total target pembangunan rumah yang akan dilaksanakan oleh Ditjen Penyediaan Perumahan sebanyak 134.814 unit rumah,” tambah Syarif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com