Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Optimistis Ekspatriat adalah "Captive Market" di Cikarang

Kompas.com - 31/08/2016, 20:11 WIB
M Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mutiara Mitra Sejahtera (MMS) menyatakan belum resmi meluncurkan (grand launching) apartemen Domicilio yang menyasar ekspatriat di kawasan Cikarang Central City (CCC), Cikarang, Jawa Barat. MMS masih menunggu momentum pengampunan pajak (tax amnesty).

Director of Business Development PT MMS Robert Yapari mengatakan pihaknya masih menunggu fase pertama pelaksanaan pengampunan pajak pada September ini. Untuk itu, apartemen tersebut baru akan resmi diluncurkan pada Oktober mendatang.

"Sejak Lebaran kemarin baru terjual 30 persen. Itu harganya masih Rp 15 juta per meter persegi, tapi dua bulan lalgi sudah pasti natik 7 persen," ujar Robert kepada Kompas.com pada diskusi "Best Investment in Cikarang", Sabtu (27/8/2016).

Robert mengatakan, Domicilio meripakan pengembangan kedua setelah MMS meresmikan ruko premium di CCC yang luas lahannya mencapai 8,8 hektar. Nantinya, Domicilio dirancang sebagai resort apartment

"Kami tidak akan bangun mal di sini, karena orang-orang ekspatriat butuh nyaman dan tenang di apartemen, sudah tak butuh tempat belanja di lingkungan tinggalnya. Seperti itu konsepnya," kata Robert.

CEO MMS Arifin Chandra menimpali bahwa pasar real estate di Cikarang saat ini memasuki kenaikan pesat. Di lahan industri seluas tidak kurang dari 2.000 hektar, di Cikarang sat ini telah beroperasi kurang lebih 1.650 perusahaan lokal dan multinasional dari Amerika Serikat, Jepang, China, Korea dan lain-lainnya. 

"Tahun ini banyak investor menahan uangnya untuk berinvestasi di sektor apartemen atau kondominium di Jakarta, karena memang sudah oversupply. Tapi, itu tidak terjadi di luar Jakarta. Seperti di Cikarang ini misalnya, untuk kondominium okupansinya masih di atas 80 persen," ujar Chandra. 

Chandra memastikan bahwa dengan jumlah kurang lebih 700.000 pekerja asing yang ada di Cikarang saat ini, captive market apartemen di kawasan itu adalah para ekspatriat.

"Sebagian pasar sewa adalah ekspatriat, tapi pembelinya tetap investor lokal. Merekalah pasar utama kita di sini. Rata-rata pekerja asing itu kan tenaga kontrak 3 bulan, 6 bulan atau tahunan. Merekalah sasaran investor kita di sini. Mereka berani bayar berapa saja untuk sewa, karena penghasilan mereka besar," ujarnya.

Domicilio berada di kawasan terpadu Cikarang Central City. Kawasan ini seluas 8,8 hektar ini meliptui 188 unit ruko, apartemen, dan Hotel Haris. Tower pertama apartemen tersebut, yaitu Menara Madera, dibangun setinggi 20 lantai dengan total luas bangunan 17.840 meter persegi.

Untuk keseluruhan menara, MMS menargetkan rampung dalam tiga tahun mendatang. Dengan tiga menara, Domicilio akan memiliki total 1.848 unit.

Pilihan tipenya antara lain Studio Deluxe seluas 26,9 meter persegi, 1 kamar tidur seluas 53,9 meter persegi, dan 2 kamar tidur seluas 72,5 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com