Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rehabilitasi Kawasan GBK Ditargetkan Selesai Sebelum Asian Games 2018

Kompas.com - 16/08/2016, 11:15 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang kegiatan Asian Games 2018, pemerintah merehabilitasi venues atau tempat pertandingan olahraga di dalam kompleks Gelora Bung Karno (GBK), di Senayan, Jakarta.

Selain venues, kawasan GBK juga ikut direnovasi. Menurut Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno, Winarto, pemerintah akan membangun kembali seluruh kawasan di dalam pagar seluas 150 hektar.

"Syaratnya Oktober 2017 (renovasi venue) nanti kan harus selesai. Asian Games-nya September 2018, jadi masih ada waktu setahun untuk membenahi kawasan," ujar Winarto kepada Kompas.com, Senin (15/8/2016).

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Kolam renang Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2016). Menjelang kegiatan Asian Games 2018, pemerintah merehabilitasi venues atau tempat pertandingan olahraga di dalam kompleks Gelora Bung Karno (GBK) yang ditargetkan selesai pada September 2017.
Ia mengatakan, di lahan 150 hektar ini, ada sejumlah bangunan yang perlu direnovasi. Sementara yang di luar bangunan seperti jalan dan ticketing system juga bakal diperbarui.

Tidak hanya itu, penataan kawasan juga mencakup saluran air, taman, gerbang dan jalan. Untuk desain kawasan, kata Winarto, akan ditenderkan kembali kepada kontraktor.

"Renovasi venues dilakukan dengan namanya rancang bangun. Kalo yang kawasan itu didesain dulu baru ditender. Jadi beda. Untuk kawasan masih ada waktu," tutur Winarto.

Sebelumnya, sejumlah kontraktor melakukan penandatanganan kontrak pembangunan atau rehabilitasi venues GBK.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Stadion tenis Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2016). Menjelang kegiatan Asian Games 2018, pemerintah merehabilitasi venues atau tempat pertandingan olahraga di dalam kompleks Gelora Bung Karno (GBK) yang ditargetkan selesai pada September 2017.
Kontraktor ini adalah PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, PT Brantas Abipraya (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Deta Decon, PT Sangkuriang, PT Artefak Arkindo, dan PT Arkitek Team Empat.

Rincian kegiatan pembangunan/rehabilitasi di atas terdiri dari 12 bangunan Training Facility dan Penataan Kawasan GBK Senayan dan Penataan Kawasan Wisma Atlet Kemayoran.

Termasuk 9 (sembilan) Paket Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun (Design and Build), 10 (sepuluh) Paket Pekerjaan Manajemen Konstruksi dan 2 (dua) Paket Pekerjaan Perencanaan Penataan Kawasan.

Untuk mendapat gambaran utuh Renovasi Kompleks GBK Senayan, Anda bisa mengklik desain grafis di bawah ini:

Renovasi Gelora Bung Karno Senayan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com