Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasokan Pusat Belanja Baru di Indonesia 1 Juta Meter Persegi

Kompas.com - 16/08/2016, 09:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati pengampunan pajak dan beberapa kebijakan baru terkait properti sudah diterapkan hal itu bukan menjadi pertanda perbaikan kinerja properti dalam waktu dekat ini.

Coldwell Banker Commercial Indonesia justru menilai performa pasar properti domestik dalam waktu dekat masih stagnan. Sebabnya, lemahnya ekonomi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir masih berdampak pada sektor properti.

Kebijakan seperti pengampunan pajak dan estimasi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dianggap Coldwell memang mampu membawa sentimen positif terhadap sektor properti.

Akan tetapi, butuh jeda atau waktu dari penerapan kebijakan tersebut terhadap pemulihan sektor properti secara menyeluruh.

Selain sektor perkantoran, properti komersial yang juga diproyeksikan Coldwell memiliki jangka menengah dan panjang akibat kebijakan pemerintah dan kondisi ekonomi sekarang adalah sektor ritel

Dalam catatan Coldwell, sebanyak 1 juta meter persegi pasokan ruang ritel sewa baru mulai beroperasi pada akhir 2016.

Angka tersebut sebagian besar terpusat di kota-kota dengan kategori kota mapan.

Selain itu, peritel dari sektor food and beverages (F&B) akan tetap menjadi sumber permintaan utama dalam beberapa periode ke depan.

Hal ini sejalan dengan terus tumbuhnya preferensi bahwa pusat ritel menjadi satu alternatif titik temu atau meeting point di kota-kota pada umumnya.

Sementara itu tingkat hunian diprediksi cenderung stabil seiring belum dilakukannya ekspansi oleh pelaku usaha ritel karena mereka lebih fokus pada pengelolaan gerainya yang sudah ada sekarang.

Pada triwulan II-2016, distribusi pasokan baru ruang ritel didominasi Jabodetabek seluas 48,6 persen dari total pasokan dan Surabaya mengikutinya dengan angka 10 persen.

Hingga akhir tahun, hal tersebut masih akan terus terjadi dengan Jabodetabek, Surabaya, dan Semarang menjadi kota dengan aktivitas pemasaran ritel aktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com