Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Kompleks GBK Direnovasi untuk Berfungsi Puluhan Tahun

Kompas.com - 16/08/2016, 08:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Renovasi venue dan kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan dinilai perlu sehingga dana yang tidak sedikit pun digelontorkan.

Tidak tanggung-tanggung, total anggaran yang disiapkan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) adalah sebesar Rp 2,8 triliun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan proyek ini akan menjadi ikon dalam puluhan tahun ke depan.

"GBK ini letaknya di tengah kota, maka pernak-perniknya harus lebih teliti. Bangunan gedung pasti kelihatan jelas," ujar Basuki saat penandatanganan kontrak pembangunan atau renovasi GBK, di Gedung Pusat Pengelola Kompleks GBK, Jakarta, Senin (15/8/2016).

Ia mengingatkan, terakhir kali GBK pernah menjadi lokasi penyelenggaraan Asian Games adalah pada 1962. Hingga saat ini, belum ada perbaikan atau renovasi besar-besaran di kawasan atau venue GBK.

Dengan adanya perhelatan Asian Games XVIII, yaitu dua tahun mendatang di Jakarta, GBK bisa lebih cantik dan berfungsi maksimal lagi dengan perbaikan infrastruktur.

Selain dipersiapkan untuk GBK, menurut Basuki, perbaikan juga bisa mengangkat pamor GBK sebagai ikon venue olahraga di tengah-tengah bangunan tinggi Jakarta.

Paket-paket pekerjaan dilaksanakan dengan menggunakan sistem Kontrak Terintegrasi Rancang Bangun (Design & Build) dan Sistem Kontrak Konvensional.

Rincian kegiatan pembangunan/rehabilitasi di atas terdiri dari 12 bangunan, Training Facility dan Penataan Kawasan GBK Senayan dan Penataan Kawasan Wisma Atlet Kemayoran.

Termasuk 9 (sembilan) Paket Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun (Design and Build), 10 (sepuluh) Paket Pekerjaan Manajemen Konstruksi dan 2 (dua) Paket Pekerjaan Perencanaan Penataan Kawasan.

Kontraktor yang terlibat yaitu PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, PT Brantas Abipraya (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Deta Decon, PT Sangkuriang, PT Artefak Arkindo, dan PT Arkitek Team Empat.

Untuk mendapatkan gambaran utuh Rehabilitasi Kompleks GBK Senayan, Anda bisa mengklik grafis di bawah ini:

Renovasi Gelora Bung Karno Senayan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com