Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun 5 Jalan Layang, Pemerintah Siapkan Dana Rp 600 Miliar

Kompas.com - 12/08/2016, 21:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu faktor terjadinya kemacetan, yaitu adanya perlintasan sebidang antara jalan kendaraan dengan jalur kereta api.

Di Brebes, Jawa Tengah, setidaknya ada lima titik perlintasan yang kerap kali menjadi penyebab kemacetan, yaitu Ketanggungan, Klonengan, Paguyangan, Kesambi, dan Karang Sawah.

"Pak Menteri (PUPR) sudah melaporkan dalam sidang kabinet akan bangun 5 fly over atau jalan layang untuk mengatasi kemacetan di perlintasan sebidang," ujar Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra Saleh, di Media Center Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Dia menuturkan, selama ini, perjalanan kendaraan harus tersendat karena berpapasan dengan jalur kereta api.

Kemacetan terjadi khususnya di perlintasan Klonengan yang merupakan pertemuan jalur kereta api dari Tegal menuju Purwokerto dan dari Cirebon menuju Purwokerto.

Kalau dihitung, frekuensi kereta lewat perlintasan ini per harinya adalah sekitar 72 kali dari timur maupun barat.

Jika kendaraan harus berhenti rata-rata 3 menit, maka dalam sehari totalnya bisa 3,5 jam. Sementara dalam kondisi Lebaran, frekuensi kereta lewat bisa sampai 92 kali.

Untuk mengurangi kepadatan yang terjadi, Endra menyebutkan pemerintah akan membangun fly over di lima titik tersebut.

"Ini kami harapkan memang kontraknya dilakukan dalam waktu dekat. Sekarang sudah lelang. Dana yang sudah disiapkan sekitar Rp 600 miliar," tutur Endra.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com