Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logo Olimpiade Rio 2016, Pertama dalam Sejarah Dicetak Tiga Dimensi

Kompas.com - 12/08/2016, 14:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Saat menonton Olimpiade, Anda mungkin memerhatikan peraih medali berdiri di podium tengah memegang benda kecil berwarna-warni.

Trofi ini sebenarnya sebuah patung dari logo Olimpiade Rio resmi, yang juga menjadi logo cetak 3 dimensi (3D) pertama dalam sejarah Olimpiade.

Desainer grafis Brasil Fred Gelli dan studio desain Tatil telah mengalahkan hampir 140 peserta dalam kompetisi pembuatan logo tersebut.

Dengan tekstur cair dan warna-warni, logo Olimpiade Rio menunjukkan tiga orang yang bergandengan tangan dan kaki selayaknya wanita menari Henri Matisse.

Berbicara pada konferensi Desain Indaba awal tahun ini, Gelli mengatakan proposal desain diharuskan untuk mengandung 12 aspek yang berbeda.

Salah satu aspek tersebut harus mencerminkan budaya yang dipahami secara universal sebagai negara tuan rumah, dan secara bersamaan bisa "dicetak pada pena" dan "mendandani seluruh kota."

Logo ini menggabungkan kurva dari Sugarloaf Mountain.

Kriteria tersebut membuat Gelli dan timnya menciptakan 50 versi sebelum menetapkan di logo akhir, yang diproduksi sebagai model 3D dan menggabungkan kurva dari Sugarloaf Mountain.

Bila dilihat pada layar, gambar bisa diputar, seolah-olah figur berputar dalam lingkaran.

Pemodelan 3D juga memungkinkan logo diberikan sebagai objek fisik, seperti trofi yang kita lihat pada upacara pembelian medali bagi para pemenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com