Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi 3D Dorong Orangtua, Guru, dan Anak-anak Makin Kreatif

Kompas.com - 11/08/2016, 12:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan penyedia piranti lunak berlomba menciptakan inovasi baru di bidang teknologi.

Tidak hanya orang dewasa, perusahaan juga menyasar anak-anak, khususnya yang cerdas dan kreatif.

Teknologi yang dimaksud adalah Computer Aided Design atau sering disebut CAD. Teknologi tersebut memungkinkan siapapun, termasuk anak-anak, bisa menggambar hal-hal yang diinginkan dalam 3 dimensi dan mencetaknya.

Piranti lunak CAD yang sudah diluncurkan untuk anak-anak antara lain Tinkercad, MiniMagics, NetFabb, dan SketchUp.

Selain itu, penyedia layanan CAD/CAM asal Guangzhou, China, yakni ZWCAD Software Co., Ltd. atau ZWSOFT, juga melihat peluang untuk memberikan kesempatan anak-anak berkreasi dengan bantuan CAD dan cetak 3 dimensi atau 3D.

"Kami punya program di China yang memberi kesempatan pada anak-anak untuk mendesain sendiri mainan mereka dan mencetaknya," ujar Vice President of ZWSOFT Kingdom Lin saat konferensi pers di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Ia mengatakan, program ini dilakukan untuk mengembangkan pemikiran kreatif anak. Teknologi yang dinamakan 3DOne Mini bisa digunakan bagi siswa sekolah dasar sampai menengah ke atas.

Piranti 3DOne menjadi alat yang penting bagi siswa untuk mengembangkan imajinasi, kreativitas dan kemampan praktis.

Selain itu, bagi siswa TK dan sekolah dasar atau bahkan lebih rendah, teknologi ini juga menjadi pemicu pemikiran inovatif bagi anak.

Anak-anak usia 4-8 tahun, khususnya, sedang dalam pertumbuhan dan perkembangan penalaran, ruang, dan kebutuhan untuk berpikir kreatif.

Piranti tersebut tidak membosankan untuk sekelas desain 3D, namun juga bukan aplikasi permainan murni.

Di dalamnya tertanam modus "teka-teki" dan "mode desain" yang fleksibel. Fungsi 3DOne ini juga membuat desain 3 dimensi seperti bermain puzzle.

Pada fitur tersebut, anak-anak akan digiring untuk menggerakkan jari pada model 3 dimensi yang sesuai ke kotak grafis yang benar. Terdapat waktu penyelesaian yang ditentukan sehingga mendorong anak berpikir cepat.

Fitur paling populer pada piranti ini adalah model grafiti yang langsung menarik grafis ke area gambar. Piranti akan mengonfersi grafis untuk efek 3 dimensi dan mencetaknya menggunakan pencetak 3 dimensi.

Untuk fungsi susun 3DOne Mini, sebagai orang tua, Anda juga dapat memilih bola geometris, kubus, kerucut, dan bangunan-bangunan dasar kepada anak-anak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com