Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Melambat, Pengembang Apartemen Geser Pasar Bidikan

Kompas.com - 10/08/2016, 20:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih melambatnya pasar apartemen di kota-kota di Indonesia juga turut berdampak pada pergeseran target market pengembang.

Menurut Vice President Strategic Advisory Coldwell Commercial Banker Indonesia Dani Indra, pasar apartemen kelas menengah dan menengah bawah di Jakarta mulai banyak diincar pengembang.

Upaya itu merupakan strategi dari pengembang untuk mengatasi melambatnya pasar apartemen menengah atas.

"Kelas middle to premium semuanya turun walaupun permintaannya ada tetapi kelasnya mulai bergeser sehingga pasar middle dan middle to low mulai mendominasi," jelas dia dalam dalam acara Indonesia Property Market Overview, di Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Pergeseran target market itu terjadi lantaran minimnya serapan juga terjadi pada proyek apartemen kelas menengah atas yang diluncurkan pada periode semester II 2015 hingga semester I 2016.

Serapannya sendiri berdasarkan data dari Coldwell yakni baru di bawah 30 persen selama periode tersebut. Adapun penyerapan apartemen hingga kuartal II 2016 tercatat di angka 5.979 unit.

Sekitar 59,7 persen dari total penyerapan selama triwulan II 2016 terjadi di pasar apartemen Jakarta dengan profil pembeli yang masih didominasi oleh investor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com