Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duta Sanitasi, "Agent of Change" Perilaku Warga yang Suka BAB Sembarangan

Kompas.com - 09/08/2016, 11:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesadaran masyarakat akan sanitasi yang bersih memang masih kurang. Tidak jarang, mereka memilih buang air sembarangan misalnya di halaman rumah atau di kebun.

Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan dan tidak mudah untuk diubah. Oleh karena itu, pemerintah memilih duta-duta sanitasi di seluruh provinsi mulai dari anak-anak di jenjang SMP sebagai agent of change atau agen perubahan.

"Kita harapkan dengan duta sanitasi ini ikut memajukan masa depan kita. Anak-anak ini sendiri yang bisa mengubah perilaku lingkungannya," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, usai Penutupan Jambore Sanitasi di Gedung Auditorium Kementerian PUPR, Senin (8/8/2016). 

Anak-anak yang terpilih ini, kata Basuki, berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Diharapkan, mereka yang sejak usia dini ikut di lingkungan kecilnya, keluarganya, sekolahnya, minimal sampai RT-nya ini, bisa membuat komunitas-komunitas sadar akan sanitasi.

Lebih lanjut, komunitas-komunitas tersebut mengajak dan melakukan persuasi kepada warga untuk tidak membuang hajat sembarangan.

"Mereka punya harapan sanitasi itu aman, belajar jadi nyaman. Itu untuk individu mereka.  Tapi, harapan kami mereka ikut untuk memengaruhi lingkungan," tutur Basuki.

Ia juga mengatakan, pelajar SMP dan SMA dipilih karena kelak mereka akan menjadi calon-calon pemimpin. Selain itu, mereka yang tahu bagaimana era saat ini berjalan.

Dengan demikian, mereka bisa menjadi agen perubahan dengan menggerakkan kegiatan-kegiatan tertentu, khususnya di bidang sanitasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com