Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berani Bereksperimen Bikin Dapur Lebih Menarik

Kompas.com - 06/08/2016, 22:45 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Dapur yang hanya dipenuhi warna putih atau sedikit aksen kayu bisa tampak membosankan. Hindari terjebak dalam pandangan bahwa tampilan dapur hanya bisa diubah dengan mengganti warna dinding.

Untuk membuatnya lebih "segar" dan terkesan "baru", ada cara lain yang lebih mudah dan ringkas ketimbang harus mengecat dinding. Berikut ini beberapa caranya:

1. Ubah pencahayaan

Warna lampu bisa mengubah banyak hal, termasuk suasana di dapur. Selain warna lampu dan jumlah lampu, "rumah lampu" juga memberikan kesan berbeda.

Pasang "rumah lampu" yang memiliki corak atau warna kesukaan Anda. Kemudian, buka lemari dapur, buat jadi open cabinet, dan berikan pencahayaan di atasnya.

2. Ubah wastafel atau kitchen sink

Menurut desainer Mick De Giulio, setiap dapur punya satu elemen unik yang mampu menarik penghuni ke dalamnya.

Kemudian Anda juga bisa memasukkan warna dengan menggunakan perlengkapan memasak atau elektronik berwarna menarik. Cara ini selain praktis juga unik dan menarik.

3. Ubah warna lantai

Jika enggan mengganti warna dinding, namun siap memberikan perubahan besar pada dapur, Anda juga bisa mengubah lantainya.

Desainer William Diamond dan Anthony Baratta mengubah lantai sebuah dapur di apartemen Manhattan, New York dengan warna biru terang.

"Pelanggan kami, pasangan 40 tahunan dengan dua anak perempuan yang masih kecil, ingin sesuatu yang meriah dan kekinian, namun mereka tetap ingin mengingat masa lalu," ujar Diamond.

Alhasil, Diamond mempertahankan dinding berwarna putih dan hanya mengubah lantainya.

4. Gunakan warna mencolok di beberapa titik

Warna mencolok juga bisa Anda sapukan pada bagian dalam lemari dapur. Baik itu lemari dapur biasa, seperti open cabinet, atau lemari dapur dengan daun pintu yang terbuat dari kaca.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com