Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikatan Alumni ITB Rekomendasikan Penanganan Teluk Jakarta secara Teknokratis

Kompas.com - 04/08/2016, 15:23 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) melalui Tim Panel Ahli Independen yang dibentuknya, merekomendasikan aspek teknokratis dalam "Strategi Penanganan Teluk Jakarta".

Aspek teknokratis yang dimasuk yakni pengelolaan yang berkelanjutan, aman, resilience, produktif dan berkeadilan antara semua aspek kehidupan dan pemangku kepentingan.

Rekomendasi "Strategi Pengelolaan Teluk Jakarta" ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan pengurus IA-ITB dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  beberapa waktu lalu.

Tim ahli tersebut terdiri dari tujuh orang pakar di bidang terkait, seperti tata ruang, lingkungan, transportasi, geologi, oseanografi, citra satelit, kemaritiman dan bidang hukum.

Ketua IA-ITB Ridwan Djamaludin mengatakan, tim ahli ini telah bertugas merumuskan strategi penanganan Teluk Jakarta selama tiga bulan penuh, hingga bulan Agustus.

Pihaknya akan menyampaikan rumusan rekomendasi “Strategi Penanganan Teluk Jakarta" berdasarkan pendekatan teknokratis kepada Jokowi dan publik bulan Agustus 2016.

"Kami akan menyampaikan rumusan rekomendasi tersebut kepada Jokowi," ujar Ridwan dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2016).

Diakui Ridwan, selama ini proses pembangunan di Pantai Utara Jakarta selalu diwarnai pro dan kontra. Setiap stakeholders dinilai membawa kepentingan masing-masing.

Kontroversi itu tak dapat dihindari dan harus dihadapi oleh pemerintah, masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun swasta.

“Oleh karenanya kami menugaskan Tim Panel Ahli IA-ITB untuk menyusun rekomendasi independen. Hasil rekomendasi ini akan menjadi masukan kepada pemerintah berdasarkan penedekatan teknokratis,” tutur Ridwan.

Menurut juru bicara tim panel ahli yang ditunjuk, Bernardus Djonoputro, langkah awal yang dikerjakan tim tersebut, antara lain, melakukan pemetaan, menghimpun data permasalahan dan teknis, serta melibatkan para stake holder yang terkait melalui rangkaian focus group discussion (FGD) dan workshop.

Penekanan dari rekomendasi IA-ITB nantinya diharapkan dapat mengurangi dan mengantisipasi dampak sistemik terhadap kepastian hukum, kepastian usaha, kepastian hak hidup warga dan perlindungan lingkungan hidup.

Bernardus mengingatkan pentingnya rekomendasi IA-ITB mengenai "Strategi Penanganan Teluk Jakarta". Karena saat ini ada 30 proyek serupa di pesisir banyak daerah, siap untuk mengikuti preseden penanganan Teluk Jakarta.

"Kami dari IA-ITB juga berharap pembangunan Pantai Utara Jakarta dapat dilakukan secara berkelanjutan tanpa merusak kualitas lingkungan, sosial (masyarakat pesisir) dan sesuai undang-undang yang berlaku," sebut Bernardus.

Para anggota Tim Panel Ahli Independen IA-ITB sebagai berikut:

1. Bernardus R. Djonoputro, Ahli Bidang Kebijakan Pembangunan, Pembiayaan Pembangungan, Perencanaan Kota dan Wilayah, Pembiayaan dan Manajemen Infrastruktur, Public-Private Partnership.
2. Ivonne Milichristi Radjawane, Ahli Bidang Oseanografi
3. Agustan, Ahli Bidang Geodinamika Berbasis Penginderaan Jauh
4. Hendrcus Andy Simarmata, Ahli Bidang Ketahanan, Perubahan Iklim dan Urbanism
5. Febrianto Hadisetiawan Djais, Ahli Bidang Perencanaan dan Maritim
6. Imam Ahmad Sadisun, Ahli Bidang Geologi
7. Sari Wahjuni, Ahli Bidang Hukum, Kenotariatan dan Manajemen Lingkungan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com