Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciputra Revitalisasi Nagoya Batam Senilai Rp 5 Triliun

Kompas.com - 03/08/2016, 20:06 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Batam, Kepulauan Riau, tampaknya menjadi episentrum investasi yang menarik para naga properti Nasional. 

Pasca kolaborasi strategis Sinarmas Land Group dan KOP Properties Group melalui pengembangan Nuvasa Bay, kini giliran Ciputra Group menggelar "hajatan" serupa.

Baca: Gandeng Pengembang Singapura, Sinarmas Land Garap Proyek Rp 19,5 Triliun

Melalui anak usaha PT Ciputra Residence, PT Citra Graha Pertiwi, menjalin aliansi bisnis strategis dengan PT Supreme Global Investment (SGI) dan PT Batama Nusa Permai membesut revitalisasi kawasan Nagoya menjadi Nagoya City Walk.

Tak tanggung-tanggung, nilai kapitalisasi megastruktur ini bakal menyentuh angka Rp 5 triliun. 

Nagoya City Walk merupakan lifestyle center yang dikembangkan dengan konsep pembangunan multifungsi atau integrated mixed use development.

Pengembangan ini akan mencakup dua tahap. Tahap pertama adalah dua menara apartemen dan revitalisasi lifestyle center. 

Sementara tahap kedua meliputi pembangunan 1 menara apartemen dan pembangunan kembali pusat belanja Nagoya (redevelopment).

Managing Director Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata menjelaskan, masuknya Ciputra ke Batam karena kawasan ini mnawarkan peluang yang cukup menjanjikan.

"Dalam beberapa tahun terakhir ini Batam didominasi oleh pembangunan perumahan baik landed house maupun hunian vertikal atau apartemen, serta pengembangan pusat gaya hidup," tutur Budiarsa dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (3/8/2016).

Salah satu distrik komersial dan gaya hidup paling beken adalah Nagoya yang mulai digarap sejak 1971 saat Otorita Batam mulai membuka industrialisasi.

Saat itu, Nagoya berubah menjadi sentra perdagangan modern dan menjadi salah satu kawasan utama perkembangan bisnis di Batam.

Komisaris PT Supreme Global Investment, Soehendro Gautama menambahkan komitmen bersama tersebut akan menjadi landasan bagi revitalisasi sekaligus pengembangan lanjutan kawasan niaga dan hunian tepadu Nagoya.

"Kami berharap strategi pengembangan dan revitalisasi lifestyle center ini menjadi katalis pengembangan Nagoya Batam selanjutnya," imbuh Soehendro.

Adapun peritel yang telah memberikan konirmasi untuk bergabung dengan Nagoya City Walk di antaranya Duck King, Bebek Tepi Sawah, dan J-Co.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com