Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Menghemat Tempat Penyimpanan di Dapur

Kompas.com - 03/08/2016, 07:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Dapur dan ruang makan bukan hanya tempat untuk memasak atau menyantap makanan. Kedua tempat yang umumnya terhubung ini juga merupakan lokasi tepat untuk menyimpan bahan makanan.

Hanya, dengan keterbatasan ukuran rumah, dapur pun semakin kecil. Lantas, bagaimana caranya berhemat tempat agar semua bahan makanan dibutuhkan bisa disimpan di dapur Anda?

Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa Anda jadikan inspirasi:

Pintu geser

Pertama, buatlah lemari penyimpanan dengan pintu geser di bawah meja dapur Anda. Namun, buatlah tempat penyimpanan tersebut untuk dibuka dengan cara mengggeser ke depan, bukan ke samping untuk menghemat tempat.

Cara ini tidak hanya membuat Anda bisa memanfaatkan meja dapur secara efektif, namun juga membuat Anda mudah mengambil barang-barang tersebut.

Menyebar

Kedua, pertimbangkan kebiasaan Anda memasak. Daripada menempatkan semua bahan makanan dalam satu tempat yang sama, sebaiknya "menyebarkan" bahan-bahan tersebut.

Setidaknya, pisahkan menjadi dua kategori, yakni bahan-bahan mentah dan bahan-bahan yang tinggal dihangatkan.

www.attemptsatdomestication.com/ Ketika melihat bekas-bekas makanan berserakan di rak kulkas, tiba-tiba Anda menyadari bahwa inilah saatnya untuk membersihkan kulkas.
Anda juga bisa membagi lagi menjadi kategori yang lebih kecil-kecil lagi, misalnya bumbu-bumbu yang sering digunakan diletakkan di permukaan meja dan sisanya disimpan di dalam lemari.

Wadah plastik

Ketiga, pastikan Anda memanfaatkan wadah-wadah plastik yang berbentuk seperti rak atau tempat makan ketika menyimpan bahan-bahan di dalam lemari dapur.

Melalui cara ini, Anda bisa menumpuk bahan-bahan makanan dengan efektif tanpa membuang-buang tempat.

Selain itu Anda juga bisa melihat bahan-bahan tersebut dengan mudah.

Lemari es

Keempat, gunakan juga kulkas atau lemari es Anda. Sama seperti penyimpanan di lemari dapur, Anda juga bisa menggunakan rak dan wadah plastik ketika menyimpan bahan-bahan di dalam lemari es.

Namun, jika Anda tidak ingin memenuhi lemari es dengan wadah plastik, pastikan Anda sudah membuka wadah karton makanan-makanan siap saji sebelum dimasukkan dalam lemari es. Pasalnya, wadah karton ini akan menghabiskan banyak tempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com