Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2016, 19:16 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Warna kamar tidur bukan hanya menjadi unsur penting dalam mendesain kamar tetapi juga sebagai salah satu indikator yang bisa memengaruhi kualitas tidur.

Seperti dikutip Forbes, ruangan yang tidak cukup gelap pun mampu "menipu" otak Anda dan membuat tubuh mengurangi produksi melatonin.

Sementara itu, menurut hasil survei dan studi yang dipublikasikan oleh Travelodge.co.uk, rahasia tidur yang nyaman adalah tidur dalam kamar bercat biru.

"Orang Inggris yang tidur di dalam kamar berdekor biru secara teratur mendapatkan kualitas tidur terbaik pada malam hari," ujar hasil studi rilisan yang dipublikasikan Travelodge.

Ahli permasalahan dalam tidur dari Edinburgh Sleep Center Chris Idzikowski menilai hal itu sesuai dengan fakta ilmiah yang ada.

Jadi, ada penerima khusus bernama sel ganglion di bagian mata retina yang sangat sensitif pada warna biru.

"Reseptor ini memberikan informasi pada area di dalam otak kita yang mengontrol ritme 24 jam dan memengaruhi cara kita berlaku dan merasa sepanjang hari. Interaksi antara cahaya, tidur, dan kondisi bangun sangat penting," kata dia.

www.huffingtonpost.com Dalam survey Travelodge dengan 2000 responden membuktikan bahwa rata-rata orang yang tidur dalam kamar berwarna biru mampu tidur selama 7 jam, 52 menit.

Oleh karena itu, konsultan dari Colour Therapy & Holistic Interior Design Suzy Chiazzari menyarankan agar terus memerhatikan dekorasi kamar.

Menurut dia, keluarnya biru sebagai warna yang mampu menunjang kenyamanan tidur tidaklah mengejutkan. Pasalnya, biru secara psikologis dapat dikaitkan dengan kenyamanan.

Sementara itu, survei Travelodge dengan 2.000 responden menunjukkan bahwa rata-rata orang yang tidur dalam kamar berwarna biru mampu tidur selama 7 jam 52 menit.

Adapun tidur dengan warna kuning mencapai 7 jam 40 menit, sementara hijau mencapai 7 jam 36 menit, warna perak 7 jam 33 menit, jingga 7 jam 28 menit, merah 6 jam 58 menit, warna emas 6 jam 43 menit, abu-abu mencapai 6 jam 12 menit, coklat 6 jam 5 menit, dan menggunakan warna ungu mencapai 5 jam 56 menit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com