Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Terbesar China Akuisisi Rantai Usaha Bioskop Inggris

Kompas.com - 22/07/2016, 13:05 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Pengembang terbesar asal China Wanda Group melakukan diversifikasi terhadap bisnisnya dengan melebarkan sayap industri perfilman.

Real estat yang merupakan inti bisnis Dalian Wanda Group kini harus berbagi panggung dengan industri pembuatan dan distribusi film.

Hal itu terjadi setelah orang terkaya China Wang Jianlin mengambil keuntungan atas devaluasi yang terjadi pada mata uang poundsterling.

Wang dengan perusahaannya Dalian Wanda Group kemudian mengakuisisi rantai bioskop Inggris Odeon & UCI Cinemas Group melalui perusahaan ekuitas swasta Terra Firma Capital Partners dengan dana sebesar 1,2 miliar dollar Amerika Serikat (AS).

Kesepakatan itu datang hanya beberapa bulan setelah Dalian Wanda Group mengambil alih Legendary Entertainment, studio film AS dibalik "Jurassic World" dan "The Dark Knight" dengan biaya 3,5 miliar dollar AS.

Saat ini dengan portofolio besar termasuk dengan kepemilikan rantai grup bioskop AS AMC Entertainment Holdings dan rantai grup bioskop Australia Hoyt Group yang diakuisisi pada 2012 dan 2014, membuat Dalian Wanda menjadi pemilik bioskop terbesar di China.

Resminya akuisisi Odeon membuat Dalian Wanda kini mengelola 7.600 layar di empat benua.

Diversifikasi ke bisnis hiburan ini dapat dikatakan sebagai pembuktian atas adanya sedikit rintangan bagi Dalian Wanda Group di sektor real estat.

Penjualan properti komersial Dalian Wanda pada semester pertama 2016 turun 17,3 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

Menurut laporan Mingtiandi, pendapatan sewa yang diperoleh Dalian Wanda relatif kecil, yakni 1,3 milar dollar AS.

Sebagai perbandingan, pendapatan untuk Wanda Cinema Line Corp pada semester I 2016 mencapai 4,39 miliar dollar AS, sedangkan pendapatan Wanda Film Holdings melampaui nilai 2,89 miliar dollar AS.

Jika ditotal, maka pendapatan Dalian Wanda di sektor hiburan bagi perusahaan naik 57,1 persen pada periode tersebut.

Wang Jianlin selaku pendiri Dalian Wanda telah berjanji untuk menghentikan marjin properti dan menciptakannya kembali menjadi sebuah perusahaan media dengan pendapatan tahunan sebesar 11,9 miliar dollar AS pada 2020.

Meskipun industri perfilman akan memainkan peran penting dalam penciptaan kembali Dalian Wanda Group, taman bermain akan menjadi kunci utama.

Pasalnya, Wanda Tourism, anak perusahaan Dalian Wanda Group yang mengoperasikan taman bermain di pasar lapis kedua China memiliki peningkatan pendapatan mencapai 913 juta dollar AS pada semester I 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com