Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus 3 Bayi di AS Tewas, IKEA Indonesia Jamin Produknya Aman

Kompas.com - 19/07/2016, 13:10 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan perabot asal Swedia, IKEA Indonesia, mengklarifikasi terkait adanya kejadian perabot jatuh di Amerika Serikat.

Perabot yang jatuh ini adalah lemari laci Malm dengan pemasangan produk dikaitkan ke dinding. IKEA Indonesia menegaskan perabot ini telah memenuhi standar spesifikasi produk Eropa.

Baca: IKEA Tarik 80.000 Produk Pagar Pengaman Bayi

Jika pemasangannya sesuai dengan instruksi perakitan dan menggunakan alat pengencang yang tersedia bersama produk, produk tersebut dijamin aman.

"IKEA belum mengidentifikasi adanya kejadian perabot terjatuh bila lemari laci telah dikaitkan dengan semestinya," demikian bunyi keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (19/7/2016).

Kejadian terkait perabot terjatuh adalah isu serius bagi semua industri perabot rumah tangga terhadap keamanan dan keselamatan di rumah.

Baca: IKEA Tarik Produk Lampu Gothem karena Bahayakan Pengguna

Menekankan pentingnya masalah keselamatan ini, IKEA telah meluncurkan program kampanye “Pastikan Aman!” beberapa waktu lalu.

Semua lemari laci IKEA telah memenuhi semua persyaratan stabilitas yang diwajibkan sesuai negara terkait.

Sementara itu, IKEA adalah perusahaan global yang mematuhi peraturan dan persyaratan standardisasi yang mungkin berbeda di tiap negara.

Untuk penarikan lemari laci Malm yang dimaksud, hal itu hanya berlaku di Amerika Utara. Di Indonesia, produk tersebut masih bisa digunakan.

Selain itu, ada masukan dari pejabat berwenang di beberapa negara lainnya agar IKEA lebih proaktif dalam meningkatkan kesadaran potensi bahaya akan risiko perabot terjatuh.

Tindakan ini di antaranya mencakup pemasangan label ekstra pada produk serta komunikasi di dalam toko.

Pada sebagian negara, kegiatan ini dikaitkan sebagai penarikan produk, yang semestinya merupakan bagian dari kampanye “Pastikan Aman!”.

Baca: Kasus Anak Terjatuh, IKEA Tarik Produk

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com