Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siasat Memaksimalkan Fungsi Restoran Siang dan Malam Hari

Kompas.com - 15/07/2016, 12:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber curbed

KOMPAS.com - Spacious, sebuah perusahaan rintisan yang berbasis di New York, punya rencana mengubah restoran yang kosong dan tidak terpakai selama siang hari menjadi ruang kerja.

Pendiri Preston Pesek dan Chris Smothers menyadari bahwa banyak restoran besar, yang dirancang dengan baik di seluruh New York City kosong melompong pada siang hari.

Kekosongan ini berlangsung sekitar pukul 17.00 atau 18.00 ketika layanan makan malam akan dimulai.

Kemudian, mereka berpikir mengapa tidak mengambil keuntungan dari ruang yang tidak terpakai tersebut?

Karena biaya rendah, startup ini mampu menawarkan keanggotaan dengan harga sewa hampir setengah biaya ruang kerja tradisional.

Untuk keanggotaan, biaya bulanannya dibanderol 95 dollar AS dan termasuk akses ke setiap jaringan restoran Spacious, yang menyediakan kopi gratis, air, dan Wi-Fi.

Nantinya, pilihan makan siang juga dapat ditambahkan sementara ruang konferensi dapat dipesan dengan biaya tertentu.

Bagaimanapun juga, Spacious lebih dari sekedar perusahaan co-working. Perusahaan berharap bisa menata kembali gagasan ruang di lingkungan perkotaan dan bagaimana menggunakannya secara efisien.

"Ini baik untuk perusahaan yang tidak membangun kapasitas yang lebih, karena menyadari bahwa kapasitas sudah ada," ujar Pesek.

Menurut dia, perusahaan hanya perlu memprogram ulang ruang untuk mengakomodasi bagaimana cara orang ingin menggunakannya.

Jika perusahaan dapat melakukannya, pengusaha restoran bisa mendapatkan lebih banyak dari apa yang sudah ada.

Restoran biasanya memiliki sistem seperti pendingin udara yang berjalan sepanjang hari. Jadi, mengapa tidak mengambil keuntungan dari hal tersebut.

Semua energi ini sia-sia jika Anda tidak mengundang orang dalam untuk menggunakan ruang ini.

"Tidak hanya lingkungan estetis indah yang digunakan tidak efisien, tetapi energi yang dibutuhkan dan jumlah sumber daya untuk merancang interior dan bangunan itu juga terbuang," jelas Pesek.

Ia menambahkan, jika restoran hanya beroperasi antara 18.00 hingga tengah malam, hal ini merupakan limbah yang sangat besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber curbed
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com