Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luar Biasa, Luas Seluruh Mal di Surabaya Tembus 96,7 Hektar

Kompas.com - 13/07/2016, 19:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Setelah beroperasinya Tunjungan Plaza V tahun lalu, Marvel City Shopping Mall menjadi satu-satunya pusat perbelanjaan baru di Surabaya selama semester I 2016.

Marvel City Shopping Mall berlokasi di atas lahan pengembangan proyek mixed use atau multifungsi seluas 15.000 meter persegi.

Sebaliknya, Golden City yang ada di Jalan Wahab Siamin, Surabaya Selatan berhenti beroperasi sejak awal 2016 untuk direnovasi.

Berhentinya operasional Golden City membuat suplai pusat perbelanjaan di Surabaya berkurang 18.000 meter persegi dan kini tercatat di angka 967.808 meter persegi atau 96,7 hektar.

Angka tersebut didapat dari 30 pusat perbelanjaan yang beroperasi sejak pembukaan Pasar Atum pada 1976.

Dengan kata lain, rata-rata suplai tahunan ritel di Surabaya sampai saat ini sekitar 23.000 meter persegi per tahun.

Pasar ritel Surabaya pun bersiap menerima tambahan suplai hingga 300.000 meter persegi dari sekarang sampai akhir 2018 nanti.

Berdasarkan status pengembangan yang ada, kebanyakan pusat perbelanjaan Surabaya di masa depan masih dalam tahap perencanaan dengan waktu penyelesaian belum pasti.

Saat ini hanya ada tiga pusat perbelanjaan akan datang yang tengah dalam tahap konstruksi. Mereka adalah Supermall Pakuwon 2, Tunjungan Plaza VI, dan The Central Gunawangsa yang sudah dibangun sejak 2014 dan 2015.

Begitu Supermall Pakuwon 2 selesai dibangun, maka suplai kumulatif ritel di Surabaya akan mencapai 1 juta meter persegi pada akhir 2016.

Sekitar 36 persen dari suplai yang ada merupakan ritel strata title atau untuk dijual. Presentase itu dipastikan bakal berkurang akibat tidak adanya tambahan ritel strata title hingga 2018 nanti.

Total ritel untuk dijual diprediksi hanya berkontribusi sebesar 29 persen dari total suplai yang ada pada 2018.

Pusat Perbelanjaan Masa Depan di Surabaya

Kebanyakan dari calon pusat perbelanjaan baru merupakan bagian dari pengembangan area multifungsi atau perencanaan perluasan proyek yang sudah ada.

Hal itu dilakukan para pengembang guna memaksimalkan penggunaan lahan yang semakin sedikit di area komersial Surabaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com