Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Lebaran, Transaksi Rumah dan Apartemen Tetap Berjalan

Kompas.com - 07/07/2016, 12:38 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari libur Lebaran, yang jatuh pada tanggal 6 Juli dan 7 Juli 2016 tak membuat transaksi properti terhenti.

Penjualan tentap berjalan, kendati volumenya tidak sebanyak hari-hari biasa di luar bulan Ramadhan dan hari Lebaran.

PT Ciputra Residence, contohnya. Pengembang ini tetap membuka kantor marketingnya di dua proyek yang mereka kembangkan yakni Citra Maja Raya di Lebak, Banten, dan CitraRaya di Cikupa, Tangerang.

Terbukti, hari libur Lebaran, mereka mampu membukukan transaksi penjualan senilai Rp 500 juta untuk Citra Maja Raya dan Rp 5,2 miliar untuk CitraRaya.

Menurut General Manager Marketing PT Ciputra Residence Yance Onggo, proyek CitraRaya yang sedang digandrungi konsumen adalah BizHome Residence.

"Hingga tanggal 6 Juli, Bizhome sudah terjual sekitar 532 unit dengan nominal transaksi lebih dari Rp 200 miliar. Khusus hari pertama libur Lebaran, transaksi CitraRaya senilai Rp 5,2 miliar untuk 15 unit," papar Yance kepada Kompas.com, Kamis (7/7/2016).

Kompas.com/Ridwan Aji Pitoko Salah satu unit rumah yang dijual di Citra Maja Raya.
Sedangkan transaksi Citra Maja Raya senilai Rp 500 juta untuk 3 unit penjualan. Rendahnya transaksi di Citra Maja Raya ini karena jumlah unit yang tersisa tinggal 20 rumah.

"Kami sedang mempersiapkan klaster baru dan kawasan komersial Ruko yang akan dilansir pada kuartal ketiga tahun ini," sebut Yance.

Selain PT Ciputra Residence, pengembang lainnya yang juga membukukan penjualan saat libur Lebaran adalah KSO PT Bakrie Pangripta Loka dan Perum Perumnas.

Melalui Sentra Timur Residence, mereka mencatat transaksi penjualan senilai Rp 3,1 miliar untuk tiga unit apartemen.

Promotion Manager Sentra Timur Residence Erfan Bachtiar, mengatakan hari pertama Idul Fitri, terdapat 7 unit tambahan penjualan dari total rangkaian penjualan selama Ramadhan atau Juni-Juli 2016.

"Bulan Ramadhan terjual 42 unit dengan nilai Rp 18,75 miliar dengan mayoritas cara bayar melalui kredit pemilikan apartemen (KPA) sebanyak 73 persen," terang Erfan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com