Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Pembayaran Elektronik di Tol Cipali Tembus 8 Persen

Kompas.com - 03/07/2016, 16:47 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com - Transaksi pembayaran elektronik atau e-payment di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) meningkat empat persen menjadi sekitar 8 persen atau 7.000 dari total 60.800 kenaraan per Sabtu (2/7/2016).

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya Hudaya Arryanto mengungkapkan hal tersebut saat jumpa wartawan di Media Center, Palimanan, Minggu (3/7/2016).

"Transaksi dengan e-payment lebih efisien dan efektif mengurai antrian di gardu tol. Waktu yang dihabiskan sekitar 4 detik," ujar Hudaya.

Pada hari ini juga mulai berlaku diskon tarif e-payment sebesar 20 persen, pembulatan tarif Tol Cipali menjadi Rp 108.000 dan peembayaran melalui voucher dengan nilai yang sama.

Sementara secara umum, situasi arus lalu lintas pada shift pertama pukul 06.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB terpantau ramai lancar.

Kendati ada peningkatan sebanyak 4 persen atau 21.800 dari Sabtu kemarin pada periode yang sama, namun arus kepadatan merata sejak pagi hingga menjelang petang.

Hal ini, kata Hudaya, sebagai imbas dari uji coba pengalihan arus yang dilakukan Kepolisian Daerah Jawa Barat di gerbang tol (GT) Sumber Jaya.

"Namun pengalihan arus ini bukan dipicu oleh kepadatan Tol Cipali, melainkan sebagai strategi keseluruhan, sebagai antisipasi mengurangi laju kedatangan kendaraan menuju Brebes Timur," tutur Hudaya.

Pengalihan arus di GT Sumber Jaya ini akan dilakukan secara situasional mengingat puncak kepadatan sudha terjadi sejak Sabtu malam.

Saksikan dua video perjalanan Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com, di enam ruas tol trans jawa berikut ini:

Kompas Video Merapah Trans-Jawa, Kompas.com : Pejagan - Sragen
Kompas Video Menyusuri Tol Trans Jawa Mojokerto - Rembang


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com