Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apartemen Sewa di Jakarta Ada 8.780 Unit

Kompas.com - 03/07/2016, 03:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki kuartal II 2016, tidak ada jumlah suplai tambahan apartemen disewakan di Jakarta. Berdasarkan riset Colliers International Indonesia, jumlahnya tetap 8.780 unit.

Pasar apartemen sewa Jakarta sendiri berharap menerima setidaknya 890 unit tambahan dalam empat tahun mendatang.

Proyek-proyek apartemen baru ini terbilang besar dengan operator apartemen kelas dunia seperti Oakwood Worldwide, Frasers Hospitality, dan The Ascott Limited. Satu-satunya operator apartemen lokal adalah Lavish Kemang Residence Serviced Apartment.

Selagi tidak ada perubahan jumlah apartemen sewa yang sudah ada, komposisi distribusi apartemen tersebut tetap ada di area Central Bussiness District (CBD) dan Jakarta Selatan. Distribusinya sendiri 44 persen di CBD dan 35 persen di Jakarta Selatan.

Sedangkan di wilayah lainnya seperti Jakarta Pusat hanya 10 persen, Jakarta Barat 6 persen, dan Jakarta Utara terdistribusi 5 persen.

Berdasarkan kelasnya, kebanyakan apartemen sewa di Jakarta ditujukan bagi kelas menengah atas sebesar 73 persen, kemudian diikuti kelas menengah bawah sebesar 14 persen.

Apartemen sewa kelas menengah atas kebanyakan didominasi oleh apartemen baru dengan tipikal gedung apartemen penuh perawatan dan biaya sewa tinggi.

Sedangkan apartemen sewa kelas menengah bawah terdiri dari apartemen lama yang berlokasi bukan di area primer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com