Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Raya Bertenaga Surya Siap Diterapkan di Amerika Serikat

Kompas.com - 01/07/2016, 08:45 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Solar Roadways atau jalan raya tenaga surya akhirnya memperoleh daya tarik di Amerika Serikat.

Scott dan Julie Brusaw telah mengembangkan jalan penghasil energi selama beberapa tahun dengan harapan mampu mengganti aspal menjadi panel surya yang mampu menahan beban mobil.

Kini, mereka siap merealisasikan mimpi dengan menerapkan jalan raya surya di Rute 66 di Missouri.

Solar Roadways merupakan bagian dari inisiasi progam Road of Tomorrow Missouri. Fokus dari porgram ini adalah untuk meningkatkan jalan raya cerdas dan melengkapinya dengan energi terbarukan.

Insinyur Departemen Perhubungan Missouri (MoDOT) yang juga kepala program Road of Tomorrow Tom Blair mengatakan bahwa hal ini dikembangkan sebagai bagian dari inovasi abad 21.

"Kami berharap agar program ini tepat waktu atau bisa terealisasi pada akhir tahun tepatnya sebelum salju turun. Jika versi masa Solar Roadway ini realistis dan jika kami bisa membuatnya benar-benar terjadi makan jalan raya itu bisa mulai membayar diri mereka sendiri," imbuhnya.

Teknisnya, Solar Roadways dirancang untuk menghasilkan energi sendiri yang dibuat dari panel surya modular dibungkus kaca.

Di dalam modul itu terdapat micro prosesor yang mampu berkomunikasi dengan panel lain, pusat kendali, dan bahkan mobil-mobil berjalan di jalan.

Lampu LED di panel memberikan tanda garis jalan dan rambu-rambu jalan. Bahkan terdapat pula elemen pemanas sehingga membuat salju dan es tidak membeku di atas panel surya.

Salah satu keuntungan dari Soalr Roadways ini adalah karena unit-unitnya modular maka apabila satu rusak maka dengan mudah dapat menggantinya tanpa memberhentikan begitu banyak lalu lintas.

Solar Roadways pertama kali didanai melalui kontrak penelitian dari Departemen Perhubungan AS. Sebuah kampanye Indiegogo kemudian berhasil mengumpulkan dana tambahan sebesar 2 juta dollar AS atau Rp 26,05 miliar.

Ide jalan raya bertenaga surya ini begitu populer sampai-sampai Presiden Obama terus menyebutkan proyek ini selama pidato kenegaraannya pada 2015 silam.

Solar Roadways ini diharapkan tidak hanya terbatas pada jalan raya saja, melainkan juga menjadi dasar permukaan lainnya seperti lapangan basket atau landasan pacu bandara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com