Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertengahan Tahun, "Sejuta Rumah" Baru 114.020 Unit

Kompas.com - 30/06/2016, 17:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini, program nasional pembangunan Sejuta Rumah masih berlanjut. Sampai pertengahan tahun, tepatnya per 20 Juni 2016, total pembangunan rumah tercatat sebanyak 114.020 unit.

"Untuk rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang sudah dibangun 75.456 unit, sementara non-MBR 38.646 unit," ujar Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Maurin Sitorus di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Selasa (28/6/2016).

Maurin menyebutkan, dari total rumah MBR yang sudah dibangun tersebut, seluruhnya merupakan pembangunan baru.

Sementara untuk rumah yang ditingkatkan kualitasnya, baik itu rumah swadaya maupun pemerintah daerah (pemda) saat ini belum ada yang terbangun.

Jika diuraikan, jumlah pembangunan baru ini terdiri atas Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR-FLPP) sebanyak 60.755 unit dan pengembang 14.701 unit.

Sedangkan untuk rumah khusus, rumah susun sederhana sewa (Rusunawa), rumah transmigrasi, dan rumah pemerintah daerah, belum ada yang terbangun.

"Pembangunan rusus baru, rusunawa, rumah transmigran masih dalam proses lelang. Realisasi ini biasanya pada triwulan 3 atau 4," jelas Maurin.

Adapun untuk rumah non-MBR dengan jumlah yang sudah terbangun sebanyak 38.646 unit merupakan pembangunan baru.

Jika dijabarkan, angka ini terdiri atas KPR-Komersial 23.358 unit, pengembang 12.338 unit, dan masyarakat 2.950 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com