Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Susun Desain Drainase Jalan Nasional

Kompas.com - 30/06/2016, 13:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tengah menyusun program pembangunan drainase jalan nasional.

Hal ini dilakukan untuk membenahi sistem drainase di jalan-jalan nasional di seluruh Indonesia.

"(Direktorat Jenderal) Bina Marga sedang menyusun detail desainnya. Kalau memang sudah jadi, kita bangun," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (28/6/2016).

Basuki menuturkan, drainase jalan nasional seharusnya dibuat pada saat jalan tersebut dibangun.

Tapi, selama ini, drainase sering tidak dikerjakan karena bobot pekerjaannya dianggap sangat kecil dari seluruh pembangunan jalan tersebut, yakni hanya 0,05 persen.

Dengan demikian, banyak kontraktor yang memaksa para tukang untuk meninggalkan pekerjaan tersebut atau menggantinya dengan jalan yang lebih lebar.

"Sehingga saya pikir, kita perlu bikin program pembangunan drainase jalan nasional. Kita cari prioritas-prioritas mana yang akan dibangun," jelas Basuki.

Ia menambahkan, untuk melaksanakan program ini, tentu membutuhkan waktu. Pasalnya, ada proses desain yang perlu dilalui. Ia memperkirakan, tahun depan program tersebut bisa berjalan.

Saat ini, prioritas pembangunan drainase diterapkan pada Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa. Jalan ini dinilai menjadi salah satu koridor utama dalam arus logistik untuk komoditas industri barang dan jasa di kawasan sekitarnya.

Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan hampir 90 persen sistem drainase di Pantura tidak memadai dan berkontribusi terhadap kerusakan jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com