Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangani Rob, Pemkot Semarang Datangkan 14 Pompa

Kompas.com - 30/06/2016, 11:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

SRINGIN BARU, KOMPAS.com - Prioritas penanganan rob di Semarang adalah pembuatan tanggul di mulut sungai.

Hingga kemarin Rabu (29/6/2016), penanganan rob masih dilakukan termasuk meletakkan 17 pompa di beberapa titik.

Selain itu, Pemerintah Kota Semarang juga menyewa 14 pompa kecil untuk menyedot air di perkampungan sekitarnya.

"Ribuan tanggul karung dipasang di pinggir sungai sepanjang Pantura Terboyo. Selain itu pompa-pompa juga diaktifkan dengan pengawasan petugas," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, di Desa Trimulyo Kecamatan Genuk, Sringin Baru, Semarang.

Basuki memantau langsung penanganan rob yang menggenangi kawasan Pantura Terboyo untuk persiapan arus mudik yang tinggal beberapa hari lagi.

Menteri Basuki didampingi Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Direktur Sungai Pantai Ditjen SDA Hari Suprayogi, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry T. Zuna, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pamali-Juana, Ni Made Sumiarsih.

Otomania/Setyo Adi Ruas tol Bawen Salatiga, turunan curam menjadi menu utama pemudik nanti.
Sebagai informasi, rob di Semarang diperkirakan akan memuncak pada 6 Juli 2016, atau saat Hari Lebaran tiba. Hal ini berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang.

Jalur Alternatif Tol Bawen-Salatiga

Usai meninjau penanganan rob di Semarang, Menteri Basuki meninjau kondisi aktual jalur mudik alternatif Tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga yang sedang digenjot pembangunannya.

Jalan tol ini meski belum selesai namun akan difungsikan sebagai jalan alternatif untuk mengantisipasi kemacetan. Ruas jalan ini juga nantinya akan dipasang penerangan dan rambu-rambu.

Saat ini, panjang jalan yang sudah fungsional mencapai 17,53 km. Namun, hanya 15 km saja nantinya yang akan dibuka darurat untuk melayani pemudik dari arah Bawen menuju Salatiga.

Hingga saat ini progres pengerjaan jalur mudik alternatif ruas Bawen-Salatiga dilakukan berupa wet lean concrete (WLC) sudah mencapai 98 persen.

Simak perjalanan Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com lintasi enam ruas tol baru berikut ini:

Kompas Video Merapah Trans-Jawa, Kompas.com : Pejagan - Sragen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com